Pelaksanaan Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera di Kecamatan Herlang Bulukumba

oleh
Kegitaan P2WKSS di Kecamatan Herlang Bulukmba

BULUKUMBA,SUARALIDIK.com– Potensi Perempuan merupakan asset nasional yang besar yang harus terus- menerus dapat dikembangkan untuk membangun Negara Indonesia . Sebaliknya jika penduduk perempuan tidak diberikan ruang dan kesempatan yang cukup untuk mengembangkan potensinya, maka perempuan dapat menjadi beban besar bangsa serta dapat mengurangi nilai dan hasil-hasil pembangunan yang telah dan akan dicapai.

Untuk itu optimalisasi penduduk sebagai sumber daya perempuan pembangunan harus senantiasa diupayakan dan diberdayakan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan. Program kegiatan Pembinaan Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Tingkat Propinsi Sulsel Tahun 2016 merupakan salah satu program peningkatan peranan wanita dalam pembangunan yang berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam serta lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia dalam rangka pembangunan masyarakat desa/kelurahan, dengan perempuan sebagai penggeraknya.

Dra.sarlin dari Pemberdayaan Perempuan Propinsi Sulsel saat memberikan pengarahan terkait P2WKSS di haapan Bupati Bulukumba, AM.Sukri sappewali, rabu (14/9/2016) di Ling.Alorang Kel.Tanuntung Kecamatan Herlang- ANDI AWAL/SUARALIDIK
Dra.Sarlin dari Pemberdayaan Perempuan Propinsi Sulsel saat memberikan pengarahan terkait P2WKSS di haapan Bupati Bulukumba, AM.Sukri sappewali, rabu (14/9/2016) di Ling.Alorang Kel.Tanuntung Kecamatan Herlang- ANDI AWAL/SUARALIDIK

Kegiatan evaluasi ini merupakan hasil dari pembinaan Tim Daerah dalam rangka peningkatan dan pemberdayaan perempuan di suatu Desa/Kelurahan. Pada hakekatnya evaluasi ini dimaksudkan untuk mendorong upaya-upaya pemberdayaan perempuan menuju terwujudnya keluarga yang berkualitas, melalui peran-peran perempuan dan didukung oleh sektor-sektor yang lain. Evaluasi tersebut terkait dengan peningkatan kualitas kehidupan ekonomi, sosial, hukum, kesehatan, pendidikan, kebudayaan serta terpeliharanya lingkungan dengan mempertimbangkan faktor kesulitan pada masing-masing wilayah Desa/Kelurahan.

Tujuan dari dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para pelaksana program terpadu P2WKSS tentang pelaksanaan P2WKSS di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba tepatnya di Lingkungan alorang Kelurahan Tanuntung. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 September 2016 yang dibuka oleh Bupati Bulukumba Sukri A.Sappewali dengan peserta sejumlah 100 (seratus) orang. Dan penilian dari P2WKSS ini dimulai pada Bulan Oktober 2016.

Dra.Sarlin selaku Pemberdayaan perempuan sulsel dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal yakni ada 11 SKPD yang terlibat dalam P2WKKSS, dan meminta kepada SKPD yang terlibat harus bertanggung jawab di lingkungan masing-masing.

Seluruh SKPD membuat papan tulis di baruga sayang dn dalam format penilaian indikator tidak hanya di cat namun juga di jaga kebersihannya dan dari Dinas PU tidak perlu membina rumah yang terpenting adalah bertanggung jawab dengan masalah kebersihan ” ujar Sarlin.

Sementara AM.Sukri Sappewali dalam sambutannya mengatakan seluruh SKPD yang di tunjuk untuk ikut lomba P2WKKSS, supaya bertanggung jawab masing-masing di lingkunganya dan Pihak Pemkab akan segera mengerjakan Laston di Lingkungan Alorang agar proses penilaian nantinya akan berjalan lancar.

Saya harap kepada Dinas Tara Ruang supaya memperhatikan kondisi di lingkungan Alorang ini dan kepada SKPD yang ada jangan pernah malu untuk bertanya kepada pemberdayaan perempuan, agar nanti setelah penilaian ,Lingkungan Alorang akan punya kemajuan dan itu harus kita bina selamanya jangan setelah pelaksanaan P2WKSS putus juga hubungan lagi dengan pihak Kelurahan ” ujar Sukri Sappewali.

Sukri Sappewali juga meminta kepada Bagian Hukum untuk rutin turun ke masyarakat memberikan penyuluhan hukum termasuk yang berkaitan dengan perempuan agar tidak terjad lagi adanya KDRT .

Turut hadir dalam kegiatan tersebut mendampingi Bupati Bulukumba, Dra.Sarlin ( Pemberdayaan Perempuan Sulsel), A.bau Amal (Sekda Bulukumba), Hasbullah ( Camat Herlang),AKP Jufri ( Kapolsek Herlang), Abdul Rajab ( anggota DPRD), Kapten jafar ( Danramil 07 Herlang)

REPORTER ;muhardi/andi awal

REDAKSI ; andi awal-suaralidik.com