Pembangunan Posyandu dan Jalan Pekebunan Molengku Tombolikat Tidak Sesuai RAB

oleh
Foto jalan perkebunan molengku dan posyandu
Photo Foto jalan perkebunan molengku dan posyandu

Boltim – suaralidik.com, Pemerintah Desa Tombolikat, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) gunakan Dana Desa (DD) APBN tahun anggaran 2018 untuk bangun Posyandu dan Jalan Perkebunan Molengku, Minggu 23/9.

Di akhir masa jabatannya, Sangadi Tombolikat, Kecamatan Tutuyan, Djunaid Bokdadi yang menjabat sebagai sangadi divinitif selama 6 tahun dan PJS 1 tahun mengakui, Desanya tengah dalam pembangunan sejak akhir Agustus 2019. Namun tidak mengikuti Rencana Anggaran Biaya (RAB).

“Sesuai RAB, ukuran panjang jalan perkebunan Molengku adalah 1.240 meter, namun ditambah menjadi 1.260 meter, dan lebar 3.5 meter menjadi 4 meter. Begitupun pembangunan Posyandu, dalam RAB tidak ada teras, tapi di bangun teras. Pekerjaan pun sudah hampir selesai,” sebut Bokdadi.

Ia pun berharap, masyarakat akan terbantukan dengan program yang telah dibahas dan disepakati dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

“Semoga pekerjaan ini cepat selesai. Bagi ibu-ibu yang hamil dan menyusui sudah ada posyandu. Bagi petani/pekebun sudah tidak kesulitan lagi karena akses jalan perkebunan sudah diperbaiki

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Tombolikat, Asirun Paputungan berujar, pekerjaan ini di danai dengan Dana Desa (APBN).

“Untuk pembangunan Jalan Perkebunan Molengku memakan dana sejumlah Rp. 190.106.179, dengan masa pekerjaan 45 hari kalender, dan Posyandu sekitar Rp. 124.429.500, masa pekerjaan 60 hari kalender,” jelasnya.

Asirun menambahkan, selama pekerjaan berlangsung, pihaknya tidak mengalami kendala.

“Walaupun dana yang dicairkan baru 50%, tapi pekerjaan tetap lanjut dan sampai dengan saat ini sudah memasuki 90%, jalan tinggal melakukan penggilasan dan posyandu tinggal memasang atap. Disamping itu lanjut Dia, pekerjaan pun semua memakai tenaga lokal,” ungkap Asirun.

Diketahui, letak Pembangunan Posyandu ditempatkan di samping Kantor Desa Tombolikat.(***bob)