Pemegang BPJS KIS, dimintai Pembayaran di Puskesmas Madello

oleh -

BARRU, SUARALIDIK.COM – Pengguna BPJS, kecewa dengan pelayanan PUSKESMAS Madello Kabupaten Barru. Ini di alami Syamsuddin Edde, adiknya Hamsiah (pasien). (23/09/2019).

Pelayanan BPJS KIS, di Puskesmas Madello terkesang mempersulit, dan meminta pembayaran terhadap pemegang KIS, yang mana ini dialami oleh Hamsiah

Keterangan pihak Rumah Sakit Type C Kabupaten Barru, mengatakan sudah ke empat kalinya Hamsiah berobat dan tidak dikenakan biaya, sementara PUSKESMAS Madello justru meminta pembayaran walau pun pihak Hamsiah telah menunjukkan nomor KIS dipergunakan berobat.Andi Cakra, pembina LIDIK PRO Wilayah Ajatappareng, menyayangkan perilaku oknum yang sepertinya tidak mematuhi peraturan dan manfaat bagi pemegang KIS. “saya sangat sayangkan, kalau petugas pelayanan kesehatan tidak mengerti aturan dan tata cara fungsi pemegang KIS, ini akan saya laporkan ke Bupati BARRU, selaku Pengguna Anggaran yang menganggar KIS lewat APBD” tegas aktivis ini.
“kasian rakyat, dan perbuatan oknum ini bisa menghilangkan kepercayaan rakyat pada bupati” celotehnya.

Dengan bukti yang di dapat A.Cakra tentang pembayaran pasien KIS sebesar Rp. 62.500,- yang tadinya dimintai Rp. 100.000,-. akan menyeret oknum ini ke pihak berwajib.

Pihak Puskesmas Madello, konfirmasinya ke suaralidik.com “ini hanya kesalapahaman, karena kami tidak akan menarik biaya untuk pemegang KIS” ungkap Mansyur, salah satu karyawan Puskesmas.

Namun Rosma, salah satu perawat Puskesmas, mengakui adanya penerimaan pembayaran Rp. 20.000,- sebagai pelayanan umum untuk Hamsiah. (AW)