Pemerintah Boltim Kumpulkan Database Terkait Produksi dan Potensi

oleh -70 views
Kabag SDA Boltim Memantapkan Potensi SDA Melalui Database Produksi dan Potensi

BOLTIM. Suaralidik.Com –Mengantisipasi belum akuratnya data tentang produksi dan potensi secara menyeluruh. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boaang Mongondow Timur (Bol-Tim) melalui Bagian Sumber Daya Alam (SDA) mulai mengumpulkan database. Data yang dimaksud meliputi ; potensi pada sumber daya alam di seluruh Wilayah Se-Kabupaten Boltim.

Kabag SDA Boltim Memantapkan Potensi SDA Melalui Database Produksi dan Potensi

Program mengumpulkan data base itu sejak awal Januari 2018, SDA telah menyurat ke seluruh desa untuk melakukan pendataan.
“Kami menyurat ke Dinas Badan dan Tekhnis di lanjutkan ke Kecamatan, nantinya pihak Kecamatan yang menindak lanjuti ke Desa – desa,” ujar Kepala Bagian SDA, Hasman Bahansubuh kepada media ini, Senin (12/03) di ruang kerjanya.

Lanjut Hasman, program database potensi SDA ini meliputi beberapa sector, diantaranya sumber daya mineral, sumber daya kelautan perikanan, sumber daya pertanian peternakan dan sumber daya kehutanan dan perkebunan.

“Jadi setelah pendataan dilakukan di setiap Desa, pihak kami akan turun langsung ke lapangan untuk melakukan rekapan sekaligus data potensi SDA yang ada yang selanjutnya dijadikan satu database dan diserakan kepada Bupati, Bapak Sehan Landjar, sebagai pengambil kebijakan,” kata nya.

Manfaat database amat penting. Pemkab Boltim bisa mengetahui seluruh SDA yang menghasilkan. Pun mempermudah setiap investasi yang bekerja sama dengan pemerintah atau pun berencana masuk.
“Potensi SDA Boltim ini juga bisa diukur lewat peta skala lima ribu, sehingga hasil potensi apa saja yang ada disitu bisa diketahui. Selain itu, program ini juga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat terutama petani,” jelas Hasman.(bobrm)