Pemkab Bantaeng Tandatangani MoU dengan IPB dan BPPT Terkait Pendidikan Vokasi  Berkelanjutan

oleh
MOU Pemkab banteng Terkait Pendidikan Vokasi Berkelanjutan dengan IPB dan BPPT,Rabu (05/10)- SUARALIDIK.com

SUARALIDIK.com,BANTAENG-  Bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, telah diselenggarakan acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Program Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB), Pemerintah Kabupaten Bantaeng dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tentang Pendidikan Vokasi Berkelanjutan, Rabu (05/10).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Program Diploma IPB Bagus Priyo Purwanto, Direktur Pusat Teknologi Produksi Pertanian Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT Arief Arianto, Kadis Pertanian Muhammad Zainuddin, Kadis Perikanan Muh. Dimiati Nongpa, Plt Kadis Dikpora H. Asri Sahrun dan disaksikan oleh Wakil Bupati Bantaeng H. Muhammad Yasin.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bantaeng, Syamsu Alam mengatakan bahwa perjanjian kerjasama ini sebagai sosialisasi tindak lanjut MoU antara Bupati Bantaeng dengan Rektor IPB tentang pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Ini merupakan MoU Pemkab Bantaeng bersama BPPT untuk menginisiasi dan mengalirkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan perguruan tinggi yang bertujuan meningkatkan hubungan kelembagaan antar pihak IPB, BPPT dan Pemkab Bantaeng yang dapat saling menunjang.” ujar Syamsu Alam.

Penandatanganan MOU antara Pemkab Bantaeng dengan IPB dan BPPT terkait Pendidikan Vokasi Berkelanjutan disaksikan wabup Muhammad Yasin,Rabu (05/10)- SUARALIDIK.com
Penandatanganan MOU antara Pemkab Bantaeng dengan IPB dan BPPT terkait Pendidikan Vokasi Berkelanjutan disaksikan wabup Muhammad Yasin,Rabu (05/10)- SUARALIDIK.com

Sementara itu Direktur Program Diploma IPB Bagus Priyo Purwanto berujar bahwa pendidikan vokasi ini diawali dari tingkat D1, dengan sasaran peserta di bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Teknologi Hasil Pertanian.

Pendidikan Vokasi ini diperuntukkan tidak hanya bagi lulusan SLTA tetapi juga peserta yang memiliki Paket C yang ingin meningkatkan keterampilan“, ujarnya.

Di sisi lain Arief Arianto selaku Direktur Pusat Teknologi Produksi Pertanian Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT mengungkapkan kebahagiaannya menjadi bagian dari momentum penting tersebut. “Berdirinya institusi ini diharapkan dapat menghasilkan SDM yang terampil, munculnya perusahaan-perusahaan baru berbasis teknologi sesuai dengan visi Kab. Bantaeng serta meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Bantaeng“, jelasnya.

Terakhir, Wabup Muhammad Yasin dalam arahannya mengatakan bahwa faktor penentu maju mundurnya suatu daerah adalah kualitas SDM dan penyediaan teknologi. “Saya berharap seluruh pihak dapat mengawal pendidikan vokasi ini sehingga Bantaeng dapat menjadi daerah yang semakin mandiri”, jelas Wabup.

Lebih lanjut, Muh.Yasin menyampaikan harapan agar kiranya calon mahasiswa nantinya dapat diprioritaskan kepada pemuda/pemudi di desa yang potensil dan memahami karakteristik wilayah dan potensi yang dimiliki desanya masing-masing.

REDAKSI ; andi awal-suaralidik.com