Pemkab Bolmong Bahas Dokumen Andalalin Pengoperasian Bandara

oleh
Pembahasan andalalin yang dipimpin Asisten II Yudha Rantung
Photo : Pembahasan andalalin yang dipimpin Asisten II Yudha Rantung

BOLMONG, Suaralidik.com – Pembangunan Bandar Udara (Bandara) di Kabupaten Bolaang Mongondow terus dipacu, setelah pembangunan runway, kali ini Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kamis (15/11/2018) melakukan pembahasan laporan pendahuluan pekerjaan jasa konsultasi Analisis Dampak Lalulintas (Andalalin) untuk Bandara.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Hi. Mohammad Yudha Rantung, mewakili Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow membuka sekaligus memimpin kegiatan tersebut. Dalam pembahasan ini, dihadiri Direktur PT. Wima Waya Nusantara Fransiska Rumagit, bersama para moderator pada kegiatan Andalalin.

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut,
Kepala BPBD Haris Dilapanga ST, narasumber dari Universitas Samratulangi Theo K Sendow , Danramil, Kapolsek Lolak, Kapolsek Bolaang, Kabid Prasarana Dishub Zulfadli Binol, para Camat, Sangadi, LSM, tokoh masyarakat dan tokoh adat yang ada di Bolmong.

Foto ; Kapolsek, Danramil dan LSM serta Elemen Masyarakat, hadir saat pembahasan Andalalin
Foto ; Kapolsek, Danramil dan LSM serta Elemen Masyarakat, hadir saat pembahasan Andalalin

Asisten II Yuda Rantung menyampaikan, bahwa pembahasan ini sangat penting, sebab Andalalin merupakan salah satu syarat pengoperasian Bandara. “Andalalin ini sangat penting. Karena, seluruh bangunan infrastruktur baik itu terminal, pasar, Bandara dan bangunan lainnya sebelum terus dilanjutkan pembangunan harus mengantongi dokumen Andalalin,” ujar Yudha saat memberikan sambutan.

Nantinya Dokumen Andalalin ini kata Asisten II, pembahasannya akan melibatkan semua elemen. Baik dari pemerintah, LSM maupun media yang ikut dalam pembahasan Andalalin Bandara Kab Bolmong, yang akan dipaparkan oleh tim ahli dari PT. Wima Waya Nusantara.

Foto ; Suasana pembahasan Andalalin
Foto ; Suasana pembahasan Andalalin

Ia berharap agar seluruh elemen masyarakat, dapat mengkritisi maupun memberikan masukan dalam pembahasan Andalalin Bandara Udara Bolmong. “Lewat pembahasan ini nantinya akan ada masukan-masukan kritis, yang akhirnya bisa menghasilkan dokumen Andalalin yang benar-benar sesuai dengan kondisi daerah yang ada,” pungkasnya. (***Is/Adve)