Pemkab Bolmong dan DPRD Tandatangani Nota Kesepakatan KUA-PPAS APBD 2019

oleh
Foto ; Bupati Bolmong Yasti S Mokoagow didampingi Wabup Yanny R Tuuk bersama Ketua DPRD Welty Komaling, saat menandatangani nota kesepakatan
Foto ; Bupati Bolmong Yasti S Mokoagow didampingi Wabup Yanny R Tuuk bersama Ketua DPRD Welty Komaling, saat menandatangani nota kesepakatan

BOLMONG, Suaralidik.com – Setelah melalui proses tahapan pembahasan antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD. Pemerintah Daerah bersama DPRD Bolmong akhirnya menandatangani nota kesepakatan tentang Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2019.

Penandatanganan ini dilaksanakan pada sidang paripurna Dewan yang dipimpin langsung oleh ketua DPRD Welty Komaling, Senin (19/11/2018) pukul 11.00 Wita malam, diruang paripurna kantor DPRD Bolmong.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dalam sambutannya menyampaikan, bahwa berdasarkan ketentuan peraturan pemerintah nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah, menyebutkan bahwa kebijakan umum anggaran merupakan dokumen yang memuat kondisi makro daerah bidang pendapatan, belanja dan pembiayaan, serta asumsi yang mendasarinya untuk periode satu tahun, ujar Bupati.

“Kebijakan umum anggaran pendapatan dan belanja daerah disusun dengan tujuan untuk merumuskan antara rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta mengatur rincian perkiraan alokasi anggaran, yang merupakan pedoman dalam penyusunan APBD yang telah disepakati oleh DPRD dan Pemerintah Daerah,” Ungkap Yasti.

Sedangkan tujuan penyusunan prioritas dan plafon anggaran kata Yasti, ialah untuk menetapkan urutan prioritas program dari setiap urusan pemerintahan, serta menentukan plafon anggaran untuk setiap program di masing-masing perangkat daerah. Sekaligus sebagai pedoman dalam penyusunan tahapan perencanaan selanjutnya, berupa penyusunan RAPBD, Jelasnya.

Yasti juga menyampaikan kepada pihak eksekutif khususnya tim anggaran pemerintah daerah, serta seluruh perangkat daerah, hendaknya menjadikan dokumen ini sebagai pedoman dan acuan dalam menyusun RAPBD Kab Bolmong tahun anggaran 2019.
“Dengan adanya dokumen kebijkan umum anggaran serta prioritas dan plafon anggaran pendapatan dan belanja daerah ini, diharapkan akan menghasilkan kinerja bersama yang semakin baik, dalam rangka mewujudkan masyarakat bolmong yang hebat, sejahtera, adil dan makmur,” Pungkas Srikandi Bolmong ini.

Rapat paripurna tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua dan para anggota DPRD, Forkopimda, Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk, Sekda Bolmong Tahlis Gallang, serta jajaran Pemkab Bolmong, pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas dan pejabat pelaksana dilingkup Pemkab Bolmong. (***Is)