Pemkab Bolmong Gelar Upacara Memperingati Hari Anak Nasional dan Hari Koperasi ke-71

oleh
Wakil Bupati Bolmong - Yanni
Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk jadi inspektur pada upacara memperingati Hari Anak Nasional dan Hari Koperasi ke-71

BOLMONG, Suaralidik.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Rabu (25/7/2018) melaksanakan upacara memperingati hari anak nasional, serta memperingati hari koperasi indonesia ke-71 tahun 2018, yang dirangkaikan dengan apel korps pegawai republik indonesia (Korpri) bulan juli tahun 2018. Upacara yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati ini dipimpin oleh Wakil Bupati Bapak Yanny Rony Tuuk.

Bupati Bolmong dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Bupati menyampaikan, dalam peringatan hari anak nasional kali ini mengambil tema, “Anak Indonesia, Anak Genius (Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat)”, yaitu sikap-sikap yang harus dimiliki anak untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi bangsa indonesia saat ini, kata Bupati

Peringatan hari anak nasioanal tahun 2018 ini jangan hanya sekedar seremonial semata, tetapi harus menjadi momentum untuk perbaikan dan kemajuan perlindungan anak, terlebih lagi upaya pemajuan perlindungan anak sekarang ini dihadapkan pada beberapa tantangan, seperti literasi digital yang masih lemah, komitmen masyarakat, radikalisme dan pimimpin daerah yang responsif anak, ujarnya.
“Literasi digital yang masih lemah menyebabkan anak-anak terpapar muatan-muatan buruk secara tidak terkendali di internet. Oleh karena itu dikesempatan yang baik ini saya menyampaikan ucapan selamat hari anak nasioanal kepada seluruh masyarakat dikabupaten Bolmong, sekaligus mengajak kita semua untuk terus memberikan kontribusi terhadap pemajuan perlindungan anak, karena potret kualitas anak hari ini menentukan nasib bangsa dimasa depan”, tandasnya.

Hari ini juga kita dikabupaten Bolmong memperingati hari koperasi indonesia ke-71 tahun. Untuk itu, saya menyampaikan ucapan “selamat hari koperasi indonesia ke-71 tahun 2018” kepada kita semua serta jajaran pengurus koperasi yang ada di kabupaten Bolmong, ucapnya.

“Sejalan dengan program presiden RI dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk memberikan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan, maka koperasi memilki peran yang strategis dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi indonesia. Pertumbuhan ekonomi dapat tercapai, tetapi belum tentu terjadi pemerataan kesejahteraan masyarakat, sehingga solusi yang tepat adalah melalui koperasi”, ungkapnya.

Lanjutnya, bahwa sesuai arahan presiden RI untuk melakukan reformasi total koperasi, ada 3 langkah strategis yang harus dilakukan yaitu, pertama reorientasi koperasi ialah mengorientasikan pemberdayaan koperasi pada kulaitasnya, bukan lagi pada kuantitas koperasi. Kemudian yang kedua rehabilitasi koperasi, yang dimulai dengan membuat database koperasi sebagai dasar untuk pembenahan koperasi dan yang ketiga pengembangan koperasi, yaitu pemerintah terus menerus melakukan pembinaan untuk pengembangan koperasi, sehingga koperasi yang ada saat ini mampu mensejahterakan anggotanya, jelasnya.

Oleh karena itu pada peringatan hari koperasi ke-71 tahun 2018 ini, diharapkan terjadi sinergi positif antara upaya yang dilakukan oleh gerakan koperasi dan pemerintah, sehingga koperasi menjadi kuat dan mampu meningkatkan perannya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan, pungkasnya.

Upacara ini dihadiri oleh unsur forkopimda, pimpinan OPD dan jajaran serta seluruh Camat dan Sangadi se-kabupaten Bolaang Mongondow. (Is***)