Pemkab Bolmong Terima Kunjungan KPK

oleh
Bupati Yasti saat menerima kunjungan kerja KPK di lantai 3 ruang rapat kantor Bupati Bolmong
Photo : Bupati Yasti saat menerima kunjungan kerja KPK di lantai 3 ruang rapat kantor Bupati Bolmong

BOLMONG, Suaralidik.com – Dalam rangka melakukan Koordinasi dan Supervisi di bidang Pencegahan Korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Bolaang Mongondow, pada Selasa (9/10/2018).

Tim KPK ini disambut langsung oleh Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow bersama Plh Sekda Derek Panambunan dan jajaran Pemkab, di ruang rapat lantai III Kantor Bupati.

Hadir dalam kunjungan kerja tersebut, yakni Ketua Koordinasi dan Supervisi Pencegahan KPK RI Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Mohammad Indra Furqon, serta Ketua Koordinasi dan Supervisi Pencegahan KPK RI Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Nexio Helmus.

Furqon mengatakan, kehadiran pihaknya untuk bersama-sama dalam perbaikan tata kelola pemerintah di daerah, KPK melalui Korsupgah mempunyai aplikasi Monitoring Centre for Prevention (MCP). Di aplikasi ini jelas Furqon, nanti setiap pemda harus komit apa yang ada di dalam aplikasi tersebut. “Misalnya dari perencanaan penganggaran, setiap OPD wajib mengintegrasikan antara aplikasi perencanaan dan penganggaran. Saya ingin sampaikan kepada siapapun yang berusaha mengintervensi atau ingin memasukkan sesuatu yang belum ada di perencanaan dengan kepentingan-kepentingan pribadi atau kelompok, mohon segera dihentikan, demi perbaikan kesejahteraan di Kabupaten Bolmong. Karena tidak ada keinginan kita disini selain untuk membangun daerah ke arah yang lebih baik,” ungkapnya kepada awak media.

Koordinasi dan Supervisi bidang Pencegahan (Korsupgah) ini unik. Pasalnya, kata dia, Korsupgah ini untuk mencegah sekaligus menasehati karena pencegahan ini terintegrasi dengan penindakan. “Korsupgah bertugas untuk mendampingi pemerintah daerah dalam perbaikan dan tata kelola, serta mengajak pemerintah daerah untuk berubah. Kehadiran kami disini juga untuk mengembangkan daerah agar maju serta peningkatan pendapatan daerahnya. Di bolmong ini sangat baik, apalagi Ibu Bupati merupakan contoh bagi seluruh ASN,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Yasti menyampaikan, pihaknya secara pribadi, pemerintah dan atas nama masyarakat bolmong mengucapkan terima kasih kepada tim KPK RI yang telah berkunjung di bolmong. “Kiranya dalam kunjungan ini dapat menambah wawasan mengenai bagaimana dalam melakukan pencegahan korupsi,” ujarnya.

Yasti dalam kesempatan itu berharap, Tim KPK ini dapat membimbing pihaknya bersama jajaran untuk memudahkan Pemerintah Bolmong dalam berkoordinasi dengan banyak instansi khususnya dengan KPK RI. “Kalaupun ada kesulitan-kesulitan yang kita alami nanti langsung dikonsultasikan dengan KPK. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat memberikan dampak yang positif bagi pemerintah dalam segala kegiatan yang akan dijalankan, baik pembangunan dan lain sebagainya,” harap Srikandi Bolmong ini. (***is)