Pemkab Boltim Pangkas Anggaran Kendis BBM, Ada Apa? 

oleh
Foto : Bupati Sehan instruksikan lelang semua kendis

Boltim. Suaralidik.Com – Pemerintah Kabupaten Bolmong Timur dibawah kepemimpinan Sehan Landjar – Rusdi Gumamalangit ditahun 2018 memangkas anggaran pengadaan kendaraan dinas dan bahan bakar minyak (BBM).

Foto : Bupati Sehan instruksikan lelang semua kendis

Pasca dilakukan penertiban kendaraan dinas bagi Aparatur Sipil Negara di SKPD Se-Kabupaten Bolmong Timur ternyata kajian menyebutkan pengadaan Kendis (Kendaraan Dinas)  salah satu bentuk pemborosan anggaran daerah.

“Salah satu pemborosan anggaran daerah adalah pengadaan kendis roda dua dan empat,” tulisnya lewat via seluler pada salah satu forum di Whatsapp, Selasa (28/02/18) kemarin.

Lebih lanjut dituturkan, bahwa pengadaan kendis selama ini tidak melalui kajian tentang manfaat dan kebutuhan. Bahkan banyak yang diparkir dirumah milik pusaka. Kendis pun jadi rusak.

“Saya sangat menyayangkan. Teman-teman ASN yang memegang kendis tak menyadari bahwa itu dibelanjakan dari uang rakyat,”kesal Eyang.

Bupati Bolmong Timur Sehan Salim Landjar, SH

Eyang kemudian membeber data bahwa sejak terbentuknya Kabupaten Boltim pada 2008 sampai di tahun 2017. Ada sekitar 100 unit mobil dan 500 unit motor yang bersumber dari dana APBD maupun Dana APBN. Nilainya pun fantastis hampir mencapai Rp30 Miliar.

Anggaran ini belum ditambah dengan anggaran pemeliharaan dan bahan bakar minyak. Nilainya sekitar Rp 6 – 8 M.

“Tanpa kita sadari ini pemborosan yang paling besar dalam pengelolaan dana daerah. Tahun ini akan lakukan rasionalisasi, efisiensi anggaran, dan menghilangkan pembelian kendis di semua SKPD, dan akan menghapus semua kendis di semua SKPD khusus Eselon II dan III, serta melelang semua kendis,”tambah mantan anggota Dewan Gorontalo itu.

Gantinya ? Dana transportasi untuk pejabat eselon II senilai Rp 8 Juta, eselon III A Rp 5 Juta. Maka, pengeluaran hanya sekira Rp 4,188 M pertahun .

Dengan begitu, Pemkab Boltim menghemat anggaran sekitar Rp 8 M. Tahun 2018 Pemkab Boltim akan menerapkan setiap SKPD hanya bisa memiliki Empat kendis roda 2 dan tidak bisa di bawa kerumah, hanya di gunakan saat ada tugas sesuai SPT pimpinan.(abrm)