Pemkab Boltim – Yayasan Masarang Jalin Kerjasama Perlindungan Hutan

oleh
Photo : Bupati Boltim menerima kunjungan rombongan yayasan Masarang

Boltim, Suaralidik. Com – Pemerintah Kabupaten Boltim, Rabu (11/4/2018) menjalin kerjasama dengan Yayasan Masarang dalam rangka perlindungan hutan.

Menurut ketua rombongan, Dudung, kehadiran mereka dalam hal ini Yayasan Masarang adalah untuk menjajaki kerjasama perlindungan hutan. Hanya saja, untuk wilayah, Yayasan Masarang belum menentukan lokasi.

“Mr Willie Smith dan teman-teman dari Yayasan Masarang akan melestarikan hutan di Boltim sekitar 600 Ha. Namun untuk lokasi kami masih akan melihat-lihat dulu mana yang tepat,”kata Dudung.

Dijelaskannya, bahwa rencananya, poin kerjasama dari 600 Ha itu akan diperuntukkan ke pendidikan, konservasi air, satwa. Tak hanya itu pemberdayaan masyarakat melalui penanaman aren dan ekowisata akan dijangkau.

Bupati Sehan Landjar mengaku respek dengan kedatangan yayasan Masarang yang berkeinginan untuk melestarikan kawasan hutan yang ada di Boltim.

“Yayasan masarang ini foundingnya (donatur) dari orang-orang eropa yang peduli dengan lingkungan dan organisasi internasional yang formal. Tapi banyak juga yang secara perorangan yang sangat peduli dan memberikan bantuan finansial karena ingin mempunyai kontribusi terhadap alam,” kata Bupati.

Bupati mengungkapkan, untuk sementara wilayah yang akan di protect oleh Yayasan Masarang adalah wilayah Kecamatan Nuangan namun Dia juga meminta untuk tidak hanya di Kecamatan Nuangan tapi harus ada spot-spot disemua kecamatan sebagai hutan penyangga penanam aren dan kayu tetap dilakukan untuk habitat dari hayati.

“Ini penting sekali, karena mereka bukan ingin memiliki tapi hanya ingin melestarikan dan membantu masyarakat. Sepanjang tidak melanggar saya kira ini harus kita respon,” kuncinya. (***bob-rm)