Pemkab Bulukumba Perbaharui Kontrak PPJ dengan PLN

oleh
Pemkab Bulukumba Perbaharui Kontrak PPJ dengan PLN. Senin (4/9/17).

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Di hari pertama kerja sebagai Manajer PT PLN (Persero) Sulselbar Area Bulukumba, Yuswastuty yang menggantikan manajer lama Hariyadi melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali selaku Pemerintah Kabupaten terkait dengan Pemungutan dan Penyetoran Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dan Pembayaran Rekening Listrik Pemda, di ruang rapat Bupati, Senin (4/9/17).

Pemkab Bulukumba Perbaharui Kontrak PPJ dengan PLN. Senin (4/9/17).

Perjanjian kerjasama ini diperbaharui kembali setelah perjanjian tersebut berakhir per 31 Desember 2016. Kini setelah ditandatangani perjanjian baru, maka pihak Pemkab Bulukumba selaku pihak pertama dan PLN selaku pihak kedua berkomitmen akan melaksanakan perjanjian tersebut yang berakhir pada dua tahun ke depan.

Pada perjanjian tersebut Pemda berhak menerima PPJ dari pengguna tenaga listrik yang telah dipungut oleh PLN, begitu pula Pemkab wajib melunasi rekening listrik gedung kantor Pemda termasuk rekening Penerangan Jalan Umum (PJU) kepada PLN setiap bulannya. Dari data terakhir, pemasukan Pemkab dari PPJ yang dibayarkan ke kas daerah sebesar 845 juta rupiah, sebaliknya rekening listrik untuk gedung kantor Pemda yang harus dibayar Pemda ke PLN mencapai 600 juta rupiah. Pemungutan atau penerimaan dari PPJ ini telah diatur dalam Perda Nomor 5 tahun 2012 tentang Pajak Penerangan Jalan.

Yuswastuty mengatakan pihaknya hanya melakukan pembaharuan kerjasama setelah perjanjian sebelumnya telah berakhir. Namun momentum tersebut, kata Yuswastuty sangat berarti karena perjanjian dilaksanakan di hari pertama ia bekerja sebagai manajer yang baru
“Tentu ini momentum yang sangat berharga, karena pada hari ini yang merupakan hari pertama saya selaku manajer langsung melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama. Semoga ini menjadi pertanda baik untuk ke depannya,” ujar Yuswastuty.

Dikatakannya, pihaknya selalu terbuka dan selalu ingin meningkatkan kerjasama dengan pihak pemerintah Kabupaten Bulukumba. Dari 5 kabupaten yang dibawahi area Bulukumba (Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai dan Selayar), Bulukumba adalah yang terbesar pelanggannya, dan satu-satunya dari kelima daerah itu yang memiliki 3 rayon yaitu Rayon Panrita Lopi (kota Bulukumba), Tanete dan Bontobahari.

Pada kesempatan tersebut, pihak PLN Area Bulukumba juga memberikan cinderamata kepada Bupati AM Sukri Sappewali sebagai momentum memperingati Hari Pelanggan Nasional yang jatuh setiap tanggal 4 September.