Pemkab Bulukumba Raih Kinerja Tertinggi Urutan 9 Nasional, Urutan Pertama Sulsel

oleh
Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha
A.M Sukri Sappewali selaku bupati menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Terbaik, sehingga dirinya dianugerahi Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha

Bulukumba,suaralidik.com – Pada momentum Hari Otonomi Daerah ke 22 Tahun 2018, Kabupaten Bulukumba meraih dua penghargaan sekaligus. Pertama, A.M Sukri Sappewali selaku bupati menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Terbaik, sehingga dirinya dianugerahi Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha yang disematkan langsung oleh Wakil Presiden RI HM Jusuf Kalla. Bupati AM Sukri Sappewali menerima penghargaan tersebut bersama 6 kepala daerah lainnya, termasuk Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi dan Walikota Parepare Taufan Pawe di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Rabu (25/4)

Yang kedua, Pemerintah Kabupaten Bulukumba meraih penghargaan atas Prestasi Kinerja Tertinggi Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2016. Penghargaan ini diumumkan pada acara Malam Apresiasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Andi Bau Amal bersama Wakil Ketua DPRD Andi Zulkarnain Pangki, di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (25/4).  Yang membanggakan, Kabupaten Bulukumba berada pada peringkat ke-9 nasional dari 397 kabupaten, dan peringkat pertama di Provinsi Sulawesi Selatan.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Soni Soemarsono dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Otonomi Daerah menjadi momentum terbaik untuk mengevaluasi perkembangan kinerja pelaksanaan otonomi daerah pada setiap daerah otonom. Setiap tahunnya, Kementerian Dalam Negeri bersama Kementerian atau lembaga terkait melakukan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah atau EKPPD.

“Evaluasi dilaksanakan mulai dari pemerintah daerah provinsi maupun pemerintah daerah kabupaten kota,” ungkap Plt. Gubernur Sulawesi Selatan ini.

Bupati AM Sukri Sappewali menyampaikan terima kasih kepada Wakil Bupati, Ketua dan anggota DPRD, Sekda, Forkopimda,, para Asisten dan Staf Ahli, pimpinan OPD, para camat, para kades, pimpinan organisasi vertikal, ormas, dan seluruh masyarakat Bulukumba atas kerjasamanya dan kerja kerasnya sehingga Bulukumba bisa mendapat Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dan sebagai Kabupaten yang Berkinerja Tertinggi.

Adapun tema Peringatan Hari Otonomi Daerah ke 22 Tahun 2018, yaitu Mewujudkan Nawa Cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bersih dan Demokratis. (ulla/bcht)