Pemkab, IDI, Dan PKK Takalar Gelar Seminar Kesehatan Jelang Hari Kartini

oleh

Suaralidik Takalar, – Ketua TP PKK Kabupaten Takalar Dr. Hj. Irma Andriani, S.Pi.M.Si membuka secara resmi Seminar Kesehatan Hari Kartini di Gedung PKK Takalar, Senin 16 April 2018.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemkab Takalar bekerjasama Tim antara Penggerak PKK dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Yayasan Bakti Peduli Perempuan Kanker/Yayasan Think Survive.

Seminar yang berlangsung sehari tersebut mengangkat tema “Hidup Cerdik dan Sehat Hindari Kanker” yang diikuti kurang lebih 100 peserta dari anggota Tim Penggerak PKK di Kabupaten Takalar, dari Ormas Perempuan, serta unsur masyarakat Takalar.

Hj. Irma Andriani dalam sambutannya saat membuka seminar tersebut mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan khususnya kepada Tim Penggerak PKK karena menyangkut langsung dengan salah satu programnya yaitu bidang kesehatan.

“Penyakit cancer ini Perlu diwaspadai karena merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan. Saya juga ingin mengingatkan kepada ibu-ibu PKK agar selalu menjaga kesehatan dan selalu merawat tubuh agar dapat selalu menjaga keluarga masing-masing. Dan Kita mulai pekan Kartini kita ini dengan mengingat menjaga pola hidup kita dengan sehat dan bersih,” jelas Hj. Irma dalam sambutannya.

Sementara itu Nita Nursepty dari Yayasan Think Survive dalam laporannya mengatakan bahwa seminar ini dilakukan dalam memperingati Hari Kartini. Yang bertujuan agar perempuan mempunyai sedikit kepedulian dalam kesehatan khususnya mengenai kanker.

Dapat terus berlanjut karena mempunyai misi yang sama. Dan merupakan langkah awal tim survive di Takalar untuk bekerjasama

Ketua IDI kabupaten Takalar dalam sambutannya juga menyampaikan harapan agar tetap menjaga kesehatan.

“Diharap Ilmu yang didapatkan dalam seminar ini hendaknya dapat disebarluaskan kepada masyarakat tentang apa itu kanker sebab akibat, cara menyikapi kanker dan menghindari timbulnya penyakit kanker,” katanya.

Dalam seminar, dr. Rayesh Nanda,Sp.B dari IDI membawakan materi tentang deteksi dini kanker payudara.

Acara ini juga dirangkaikan dengan penyerahan Kartu member TS, penyamatan pin Think Survive serta penyerahan sertifikat dukung gerakan peduli kanker dari Yayasan Think Survive ke Dr. Hj. Irma Andriani,S.Pi.M.Si selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Takalar.

Selanjutnya, seminar ditutup dengan pemeriksaan gratis gula darah kepada para peserta yang diselenggarakan oleh Pramita.(*)