Pemkab Pohuwato Kembali Mengukir Sejarah Dikancah Nasional

oleh -
Amin Haras
Foto : Wabup Pohuwato, Amin Haras saat menerima penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia yang diserahkan Direktorat Jenderal HAM, Kemenkumham, Selasa (10/12),(foto Istimewa).

POHUWATO, Suaralidik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato dibawah kepemimpinan Syarif Mbuinga-Amin Haras (Syah) kembali mengukir prestasi dibidang Hukum dan HAM.

Bertempat di gedung konferensi Asia-Afrika 1955, Bandung, Jawa Barat, Selasa, (10/12), Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras menerima penghargaan peduli hak asasi Manusia yang diserahkan Direktorat Jenderal HAM, Kemenkumham, Dr. Hi. Mualimin Abdi, SH., MH dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-71.

Saat dihubungi melalui telepon Wabup Pohuwato mengatakan, untuk provinsi Gorontalo ada dua daerah yang beroleh penghargaan, yakni Pohuwato dan kabupaten Gorontalo.

“Kita tidak menduga bahwa Pohuwato dinilai oleh pemerintah pusat dan termasuk daerah yang sudah masuk kriteria beroleh penghargaan peduli hak asasi manusia. Tentu harapan saya agar ini perlu ditingkatkan dan dilanjutkan dimasa-masa akan datang,” terang Wabup.

Amin Haras menjelaskan, sisi lain dari penghargaan ini Pemda Pohuwato sudah ada perhatian dan kepedulian terhadap hak-hak asasi manusia. HAM bukan saja hak asasi atau persoalan hukum dan politik. Melainkan menyangkut hak kebutuhan dasar yang wajib dipenuhi oleh pemerintah yang antara lain persoalan kesehatan, hak dasar tentang pendidikan, hak dasar kebutuhan lainnya berupa ekonomi, sosial, keagamaan yang sudah beroleh perhatian dari pada pemerintah daerah.

“Paling inti hak dasar terhadap pelayanan kepada masyarakat yang sekarang ini semakin dipermudah dan diperlancar dengan berbagai sistim ITE dan lain sebagainya. Bahkan memudahkan hak-hak pelayanan kebutuhan dasar masyarakat untuk memperoleh pelayanan.” jelas Amin.

“Semua program tujuannya demi memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, sehingga kita mendapatkan penilaian dari pemerintah pusat.(Hitler).

kpu BOLTIM
HUT Kabupaten Pinrang Ke-60