Pemkot Manado Gelar Pemilihan Kepala Lingkungan 2018, Berikut Syaratnya

oleh

MANADO, Suaralidik.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dibawah komando Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakilnya Mor D Bastian menugaskan Panitia Seleksi (Pansel) dibawah pimpinan Mikler Lakat mulai mempersiapkan seleksi calon Kepala Lingkungan (Pala) Cerdas dan Hebat masa kontrak tahun 2018, setelah kontrak kerja Pala periode sebelumnya telah berakhir pada 31 Desember 2017 lalu.

“Sekarang ini sesuai arahan Pak Walikota, kami sedang mempersiapkan tahapan seleksi kepala lingkungan untuk masa kontrak tahun 2018 ini,” jelas Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Micler CS selaku Ketua Panitia Seleksi Kepala Lingkungan, Jumat (05/01/2018).

Menurutnya, tahapan seleksi calon kepala lingkungan dimulai dengan pendaftaran yang dibuka di kecamatan tanggal 5-10 Januari 2018 ini.

“Ada persyaratan yang harus dipenuhi para Calon Kepala Lingkungan diantaranya, berijasah mimimal SMTP (Sekolah Menengah Tingkat Pertama) dan berusia minimal 30 tahun dan maksimal 60 tahun,” ujar Lakat Sekretaris Panitia Drs Sammy Kaawoan.

Dijelaskannya, selain persyaratan tersebut, calon kepala lingkungan harus memasukan Surat Keterangan untuk kepala lingkungan tahun 2017 harus menyertakan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan program Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL) Mapalus tahun 2017 yang ditandatangani Kepala Dinas Sosial.

Lanjutnya, Camat dan Lurah berkewajiban untuk melakukan sosialisasi dengan mengumumkan pelaksanaan seleksi calon kepala lingkungan di wilayah kerja masing-masing.

“Saya sudah melayangkan surat tertanggal 4 Januari 2018 ditujukan kepada camat-camat yang isinya tentang pelaksanaan seleksi calon kepala lingkungan beserta tahapan pelaksanaan seleksi,” pungkas Lakat.

“Dalam seleksi ini kami tidak main-main. Yang tidak serius dan tidak mendukung program Pak Walikota dan Pak Wakil tidak akan kami kontrak untuk tahun 2018 ini,” tutup Lakat usai memimpin rapat panitia seleksi Pala 2018.

Merespon persiapan seleksi kepala lingkungan Manado Legislator Robert L Tambuwun mengharapkan, agar proses seleksi itu tidak berbau nepotisme karena tugas mereka adalah mengayomi tanpa pandang bulu.

“Serta harus memahami peta demografis wilayah yang akan dipimpinnya,” kunci Tambuwun. (DeonYW)