Penambahan Retribusi Pasar Sentral Pinrang Dianggap Pungli

oleh -66 views

Pinrang, Suaralidik.com – Dugaan pungli yang beredar di pasar sentral Pinrang saat ini menjadi bahan pembicaraan. Pasalnya salah seorang penjual ikan yang ada di pasar sentral Pinrang mengaku kalau dirinya dimintai sejumlah retribusi berupa retribusi air sebesar Rp. 2000/hari dan retribusi pasar sebesar Rp. 3000/hari. 28/11/2018.

Jumlah setoran retribusi yang harus dibayarkan setiap harinya sebesar Rp. 5000 yang sebelumnya hanya Rp. 3000 dengan penagih yang berbeda. Hal ini dianggap memberatkan para penjual khususnya penjual ikan yang beberapa diantaranya hanya menjual diluar pasar.

Salah seorang pihak pasar sentral Pinrang membenarkan adanya penambahan retribusi tersebut. Ia menduga penambahan yang diberikan kepada para penjual diberikan kepada oknum pejabat di Disperindag Pinrang.

Adanya tambahan retribusi ini diketahui tanpa pemberitahuan sebelumnya dari pihak pasar maupun dari Disperindag Pinrang. Yang mereka ketahui hanya sebesar Rp. 3000/hari yang masuk sebagai PAD Pinrang.

Dikonfirmasi lebih lanjut ke Disperindag Pinrang, Kadis Disperindag Pinrang H. Hartono membenarkan hal tersebut namun ia menambahkan bahwa pungutan tambahan tersebut hanya swadaya saja. (ISWA/RIS)