Pencairan Dana dan Alokasi Desa Di Boltim Ternyata Belum Maksimal

oleh
Kadis DPMD Boltim
Slamet Umbola, SE Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Boltim

Boltim, suaralidik.com –┬áPencairan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD & ADD) fase pertama dan fase kedua belum maksimal di Kabupaten Boltim.

Slamet Umbola, SE Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Boltim, menjelaskan kalau DD dan ADD telah tahap proses penyaluran fase kedua, tapi dari 80 desa yang ada fase pertama baru 68 Desa yang menerima DD dan ADD fase satu, berarti masih ada 12 Desa yang belum menerima, sementara fase kedua sampai dengan hari ini baru 10 desa menerima DD/ADD, ungkap Slamet.

“Tekhnis pendistribusian DD dan ADD tahun ini, langsung di transfer ke rekening Desa dengan proses tiga fase. Untuk fase pertama 20 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 40 persen, jelas Slamet.

Slamet Umbola sangat berharap pada seluruh Kepala Desa/Sangadi beserta prangkatnya yang belum menerima DD/ADD fase pertama dan kedua agar lebih proaktif lagi. Tentunya dengan tidak mengabaikan seluruh ketentuan dan aturan yang telah ditentukan.

“Cepat dan lambatny pendistribusian DD/ADD tergantung Kepala Desa/Sangadi dan perangkatnya. Saya kira regulasi dan mekanismenya tidak lagi jadi masalah. Sebab KepalaDesa/Sangadi serta aparatnya sudah banyak mengikuti bimtek dan mendapat arahan terkait teknis pelaksanaan kegiatan maupun administrasi, sentil Slamet. (***boby)