Pencairan DD Tahap 3 Bolmut Terganjal Dua Desa

oleh -

BOLMUT, SuaraLidik.com – Memasuki pertengahan bulan September tahun 2019, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) belum bisa mencairkan Dana Desa.

Hal ini dikarenakan dua desa yang belum memasukkan Surat Pertanggungjawaban
penggunaan DD Tahap 1 dan Tahap 2 yakni, Desa Talaga Kecamatan Bintauna dan Desa Keimanga di Kecamatan Bolangitang Barat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bolmut, Melalui Kepala Seksi Penataan dan Perkembangan Desa, Abdul Salam Pudul., kepada media ini Selasa, (10/09/2019) mengatakan jika, pencairan DD Tahap 3 harus menunggu pemasukan SPJ dua desa.

“Pencairan DD harus serentak, oleh karenanya semua SPJ masuk dulu kemudian baru bisa di transfer pemerintah pusat ke kas daerah, kemudian dari kas daerah ke rekening desa”, terangnya

Lebih lanjut dia pun mengatakan, dua desa yang hingga kini belum memasukkan SPJ itu adalah Desa Talaga dan Desa Keimanga.

“SPJ Desa Talaga sebenarnya sudah siap, namun terkendala pergantian Kepala Desa, karena Sangadi sebelumnya meninggal dunia. Kalau Desa Keimanga kami belum tahu apa kendalanya. Namun hingga kini kami terus berkomunikasi dengan dua desa tersebut agar secepatnya memasukkan SPJ DD Tahap 2 dan Tahap 1”, ujar mantan Kasi Perencanaan dan Partisipatif di Dinas PMD Bolmut itu. (***chan)