Pencuri spesialis rumah kosong dibekuk unit resmob Polres Pangkep

oleh
Pencuri spesialis rumah kosong

Pangkep, suaralidik.com – Dua DPO Spesialis Pencuri rumah Kosong yang akhir akhir ini meresahkan warga kabupaten Pangkep dan sekitarnya berhasil di ringkus oleh tim Unit Resmob Polres Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), kedua pelaku berhasil diamankan di tempat kerjanya di salah satu perusahaan ikan Maccopa Kabupaten Maros. 10/04/2018

Pencuri spesialis rumah kosong

Kedua pelaku tersebut bernama Firdaus (19) dan Fikran (18), warga kampung Lette, Kelurahan Bontokio, Kecamatan Minasatene, Pangkep. Sebelumnya beberapa orang rekannya sudah tertangkap dan dimintai keterangan dan keduanya telah menjadi Buron/DPO Polres Pangkep sejak lama.

Kanit Resmob Polres Pangkep, Aiptu Arman Arif mengatakan, kedua pelaku ini adalah bagian dari jaringan kejahatan pencurian dengan membobol rumah atau toko yang ditinggal penghuninya. Beberapa dari rekan keduanya sudah lebih dulu tertangkap. “Mereka ini memang sudah ditetapkan DPO (Daftar Pencarian Orang). Keduanya sudah dua pekan DPO Setelah kami dapat info kalau mereka indekos di Maros, kami langsung kesana dan baru kita tangkap langsung di tempat kerjanya depan jembatan timbang Maccopa Maros,” kata Kanit Buser Polres Pangkep, Aiptu Arman Arif

Arman Arif mengatakan, keduanya telah melancarkan aksinya di beberapa wilayah di Kabupaten Pangkep. Modus keduanya menyamar sebagai pemulung  (payabo-yabo). Usai memulung mereka mengintai rumah kosong lalu beraksi.

Selama melakukan pencurian keduanya berkasi di Kelurahan Jagong, Jl Matahari, Samalewa. Sedangkan sasaran barang curian kedua pelaku adalah seperti TV, tabung gas, besi mesin pompa dan alat rumah tangga lainnya.

Sementara itu dari keterangan salah seorang pelaku, Firdaus kepada polisi mengakui, aksi mereka tak hanya dilakukan malam hari. Mereka kerap beroperasi disiang hari dengan pura-pura menjadi pemulung. Dari pengakuan pelaku, mereka sudah sekitar lima kali mencuri di wilayah Pangkep.
“Kalau siang biasanya kami bawa motor dengan gandengan seperti pemulung untuk membawa barang yang kami curi. Kalau malam, saya cungkil jendelanya untuk masuk,” ungkap Firdaus.

Dari tangan keduanya polisi mengamankan dua buah televisi, mesin air, dan beberapa unit perlengkapan dapur. Dari pemeriksaan, diketahui mereka bukan hanya beroperasi dibeberapa wiayah di Pangkep. (kp/iwank86)