Pendidikan, Pembodohan, dan Penjajahan; Selamat Hari Guru

oleh

SuaraLidik.com — Ada 3 hal yang sangat esensial untuk negara yang mesti harus kuat.
Yang pertama adalah Pendidikan, yang kedua adalah Ekonomi dan yang ketiga adalah TNI.
Ketiganya harus kuat untuk mempertahankan keutuhan negara ini.
Namun, #Saya hanya akan menyinggung Pendidikan#
Pendidikan sebagai sarana pengetahuan yang tepat untuk mengenal apa saja, termasuk identitas diri pribadi maupun identitas mayoritas suatu bangsa. Masih dalam kapasitas Mayoritas penduduk Indonesia selama berabad-abad adalah manusia yang “tertindas”, tertindas oleh kebodohan dan kemiskinan. Sudah begitu panjangnya penindasan ini, sehingga menciptakan sebuah budaya “ngemis”. Sangat ironis dan kronis memang bangsa ini, barisan manusia yang suka menawarkan tangan di jalan-jalan, di terminal – terminal, atau tempat – tempat strategis keramaian lainnya.
Kebodohan ini kini menjelma menjadi kebudayaan “minta-minta” (bergantung pada kekuatan luar) dan itu mendasari sikap tindaknya baik masyarakatnya maupun pemangku kepentingan di Negara ini. Terlalu rendahnya harga diri bangsa ini jika itu masih menjadi budaya kita, bukankah itu mental budak??? Bukankah itu ilustrasi tingkah laku budaya kita yang sungguh menggenaskan???
Maka yang paling penting dalam strategi kebudayaan kita adalah menyadari hal itu. Dari sana harus disusun rapi suatu sistem pendidikan yang sifatnya membebaskan dan memberi martabat terhormat!.
Jadi yang utama dan harus dilakukan adalah memerangi kebodohan dan membangkitkan harga diri, karena pintar itu insani dan bodoh itu hewani. Manusia Indonesia adalah insan Indonesia, dan bukan hewan Indonesia, jelas bahwa pendidikan Insani itu diatas segala-galanya.

Jadi, mental bebek kepada kekuatan asing harus diselesaikan dan dikikis sampai tuntas, tentunya dengan sikap kritis yang mandiri serta bebas. Indonesia Harus berani menentukan sikap serta pilihannya, karena hanya Indonesia yang akan mewujudkan Indonesia. Tentu kita sudah sadari bersama tentang posisi Indonesia dalam peta kebudayaan dunia adalah sangat penting, karena bagaimana pun, Indonesia adalah sebuah paradigma!.

Selamat Berpengetahuan dan berpendidikan,
Selamat Hari Guru Nasional.