Penerimaan CPNS 2019, Boltim Usulkan 502 Quota, Prioritaskan Guru dan Tenaga Kesehatan

oleh -
Kepala BKPSDM Boltim Robi Mamonto

BOLTIM, Suaralidik.com – Pemerinta Kabupaten Bolaang Mongondow Timur mengusulkan 502 quota penerimaan CPNS tahun 2019.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, (BKPSDM) Pemkab Boltim, Robi Mamonto beberapa waktu lalu.

“Kita berharap usulan CPNS Boltim diterima Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), “ kata Robi.

Dia juga mengatakan dari 502 kuota CPNS yang akan diusulan, semua formasi ada. Disesuaikan dengan kebutuhan daerah, seperti kesehatan, guru, dan formasi umum lainya diantaranya hukum, pertanian, ekonomi dan computer.

“Rata-rata putra daerah lulusan sarjana seperti itu, sehingga formasi tersebut dimasukkan dalam usulan CPNS, “ katanya.

Lanjut dia, untuk penerimaan CPNS kemungkinan sama dengan tahun lalu, pada bulan Oktober atau November.

“Yang pasti, Kabupaten Boltim tahun ini mengusulkan sebanyak 502 kuota. Kita berharap usulan sebanyak ini diteterima oleh pemerintah pusat, sebab Kabupaten Boltim sampai saat ini masih butuh banyak pegawai, “ ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, memastikan, pemerintah akan membuka seleksi calon pegawai negeri sipil tahun 2019. Pembukaan akan dilakukan pada Oktober 2019.

Dia mengatakan, akan ada 100 ribu formasi yang akan diterima. Untuk 2019, ada beberapa formasi unggulan yang akan banyak diterima.

Namun kata dia, salah satu prioritas penerimaan PNS, selain tenga guru, posisi yang dianggap mendesak yaitu tenaga kesehatan seperti bidan, perawat, dan dokter untuk ditugaskan di puskesmas, sebab tenaga kesehatan masih kurang.

“Penerimaan untuk 100 ribu orang, fokusnya tetap pada tenaga pendidikan dan kesehatan. Lebih fokus ke sana, “ kata Syafrudin, Selasa (2/7/19).(***Bob)