,

Pengerukan Sungai Teko Bulukumba Disorot, Normalisasi atau Tambang Liar

oleh -150 views
Photo : Nampak eskavator melakukan pengerukan di sungai Teko Ujung Bulu, Normalisasi atau Penambangan ?

Bulukumba, Suaralidik.Com – Kegiatan pengerukan di sungai Teko atau biasa disebut sungai Bialo di Kelurahan Kecamatan mendatangkan tandatanya besar bagi masyarakat di Bantaran Sungai Teko.

Di Sungai itu nampak alat berat yang melakukan pengerukan galian c. Ada juga ikutannya, berupa kerikil.
“Tak jelas kegiatan apa yang dilakukan. Sebab tak ada papan informasi. Apakah normalisasi sungai atau memang kegiatan tambang galian C,”tutur Askali warga Bulukumba.

Kegiatan pengerukan sudah berlangsung lama. Ada dugaan kuat bahwa pengerukan tersebut illegal. Penambangan yang dipoles dengan pengerukan normalisasi. Tapi hasilnya dikomersilkan.

Dugaan itu cukup berdasar. Sebab, kalau pengerukan maka galian akan ditumpuk secara teratur dipinggir sungai. Tetap menjadi bagian sungai. Namun yang terjadi sejumlah mobil Nampak bergantian mengangkut hasil kerukan. Sehingga diduga kuat hasil pengerukan telah dikomersilkan oleh oknum nakal.

Photo : Dim Truck nampak siap mengangkut hasil pengerukan

“Dinas PUSD dan DInas Lingkungan Hidup Bulukumba harus menjelaskan ke masyarakat kegiatan apa itu ? Normalisasi atau penambangan liar?,” sindir Darwis Sekjen DPP Lidik Pro.

Darwis lalu menambahkan, Kalau normalisasi, maka hasil kerukan tidak boleh diperjualbelikan. Jika itu terjadi, Tim Sapu bersih Pungli Besutan Polres Bulukumba harus melakukan Lidik.

“Siapa yang menjual dan siapa pembelinya harus diungkap. Duitnya harus masuk ke kas Daerah. Dan Saber Pungli jangan ngorok saja harus diungkap!,”tegas Darwis.(***drws)