Penggalian Box Culvert akan menyisakan ex Gorong-gorong di Palanro Barru

oleh -

Barru, suaralidik.com – Jalan poros Makassar – Pare tepatnya Palanro Kabupaten Barru, dikhawatirkan amblasnya ex gorong-gorong yang melintang sejajar nanti Box Culvert. (07/10/2019).

Lubang menganga berdiameter 2 meter, ditakutkan amblas

Pada saat Ketua LIDIK PRO dan kontributor suaralidik.com melintas di poros Makassar-Parepare, mendapatkan lubang mengangah yang cukup besar melintas memotong dibawah jalan beton. Dan kami pun bersama tim singgah mempertanyakan adanya lubang ini.

Pekerjaan Pemasangan box culvert yang dilakasanakan oleh PT. Patriot, sebagaimana jawaban salah seorang pekerja hariannya Basri, kalau pengawas / penanggung jawab atas nama Syafar “tidak ada” karena tinggal di makassar. Dan papan proyek terpasang di Kabupaten Pangkep dan besaran anggaran pun tidak diketahui.

Galian box culvert yang memotong jalan poros, yang menghilangkan pondasi gorong-gorong lama.

LIDIK PRO yang mencermati pelaksanaan pekerjaan ini, sangat mengkhawatirkan ke ketahanan plat gorong-gorong karena pasangan batu bagian utara telah di buka. “saya sangat kjawatir dengan gorong-gorong lama, karena penyanggah plat atau pondasi telah dirobohkan dan saya berharap kontraktor pelaksana memperhatikan rongga yang kosong ini” ucap Andi Cakra, “dan tolong diperhatikan beratnya tonase kendaraan yang lewat di ruas jalan ini”. Lanjutmya menjelaskan pada pekerja.

Sampel Box Culvert, yang mungkin di pasang pada tempat ini, dan mampukah menahan beban yang melintas diatasnya.

Pembina LIDIK PRO ini berharap dan berdoa agar pekerjan ini tidak jebol di masa depan, dan pengawas dan pelaksana memperhitungkan penyangga plat beton bagian utara yang telah dirobohkan untuk box culvert.

Pekerja harian yang bekerja, tanpa di dampingi dan diawasi oleh orang teknis dan konsultan pengawas.

Dan Basri sebagai tenaga harian untuk penggalian box culvert, hanya melaksanakan sesuai perintah.

Sementara Sabir yang juga pekerja harian menjelaskan kalau dijebolnya pondasi gorong-gorong bagian utara karena menarik lurus benang dari got agar lurus, karena gorong-gorong lama tidak lurus got. (AW)