Penghasilan Rp120 Ribu Perhari, Belum Sejahterakan Pedagang di Soppeng

oleh
Pedagang Soppeng
Risma,Salah satu pedagang di Pasar Sentral Cabbenge di Kelurahan Pajalesang, Kecamatan Lilirilau, Kabupaten Soppeng

Soppeng,suaralidik.com – Kesejahteraan masyarakat menengah ke bawah harus terus diperhatikan. Meski mayoritas tidak berstatus pengangguran, namun penghasilan dari pekerjaan atau usaha masyarakat belum mampu menyejahterakan.

Begitu kondisi masyarakat yang berwirausaha di Pasar Sentral Cabbenge di Kelurahan Pajalesang, Kecamatan Lilirilau, Kabupaten Soppeng. Tak sedikit pedagang yang mengeluhkan kondisi perekonomian mereka.

Salah satunya, Rismawati yang berdagang makanan ringan di Pasar Cabbenge. Barang dagangan yang seadanya, membuat penghasilan harian Risma pun tak banyak.

“Perhari itu 120 ribu saja penghasilan. Malamnya dipakai jadi modal lagi untuk berdagang besok sama makan sehari-hari,” kata Risma saat dikunjungi calon Gubernur Sulsel Nurdin Halid di Pasar Cabbenge, Jumat pagi, 23 Maret 2018.

Wanita asal Desa Ganra Kecamatan Ganra ini mengungkapkan usaha yang dirintisnya sejak puluhan tahun lalu itu sulit untuk berkembang. Bantuan modal usaha, kata dia, sulit didapatkan karena besarnya bunga serta persyaratan yang sulit dipenuhinya.

“Susah dapat modal, karena jaminan juga tidak ada,” ucap Risma.

Ia berharap program bantuan modal usaha tanpa modal, tanpa angunan dari calon Gubernur Nurdin Halid dapat terealisasi. Jika mendapat bantuan modal usaha, ia berniat mengembangkan usaha daganganya.(***RIlis/BCHT/SM2KI)