Pentingnya Refleksi Diri

oleh -

Suaralidik.com — Anda suka posting berita hoax? Berita yang belum jelas asal-usulnya, atau sengaja membuat dan menyebarkan berita untuk mem-bully dan menjelek-jelekkan orang/kelompok lain. Suka menyebar berita negatif dan permusuhan? Jika Anda memiliki hobi baru itu, atas nama kritis dan suci, maka Anda sedang sakit pikiran dan gelap hati. Anda perlu refleksi diri atau mungkin perlu segera ke dokter jiwa.

Di sektiar kita, ada sebagian orang yang tiap hari sibuk mencari kejelekan dan suka menyebarkan informasi permusuhan di media sosial. Mereka itu adalah orang-orang yang sedang bermusuhan dengan dirinya, distir oleh egonya, dan jauh dari Tuhan. Mereka itu sakit pikiran, hati, dan jiwa. Mereka telah terjauhkan dari cara berpikiran positif dan luas. Mereka bangga dengan diri dan kelompoknya, mereka itu picik dan merasa pemilik kebenaran tunggal.

Orang-orang yang mudah dan hobi menyalahkan orang lain dan selalu mengklaim hanya diri dan kelompoknya lah yang benar, perlu segera refleksi diri agar bisa menundukkan egonya, mengenal dirinya dan segera kembali ke jalan Tuhan. Tidak ada pembenaran bagi orang-orang yang mengaku sarjana atau paham agama tapi sangat mudah menyalahkan, menghakimi dan memvonis salah orang lain.

M. Saleh Mude, Kontributor www.suaralidik.com Jakarta.