Penuhi Hak Anak, Landjar ; Akan Menjadi Perhatian Pemda

oleh -23 views
Foto : Siswa SMA yang menjadi peserta Musrenbang Anak Tingkat Boltim

Boltim, Suaralidik.Com – Pingkan Mumek, siswi dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menyuarakan aspirasi anak lewat giat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim siang tadi, di aula kantor Bupati, Selasa (19/3/19).

Pada kesempatan itu, Pingkan melepaskan sejumlah pertanyaan khusus kepada Bupati Boltim, Sehan S. Landjar SH.

“Mewakili generasi anak bangsa, Saya ingin bertanya kepada Bapak Bupati. Apa yang akan Pemda berikan dalam pemenuhan hak anak,” singkat Pingkan disaksikan seluruh unsur forkopimda.

Selain itu kata Pingkan, terkait penggunaan Gedget bagi anak, apa tindakan Pemda untuk mengantisipasi agar anak tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

“Dijaman yang canggih ini, hampir keseluruhan anak dibawah umur yang sudah menggunakan smart phone. Bagaimana arahan dari Bapak Bupati dalam menggunakan media sosial yang baik dan benar,” ujarnya.

Menanggapi itu, Bupati Sehan mengapresiasi keberanian anak usia dini yang sudah mampu berbicara lantang demi memperjuangkan hak-hak anak.

“Jika anak seusia ini sudah mampu berpikir hal yang berdampak negatif atau bahaya untuk generasi penerus bangsa, berarti ini tandanya ada perkembangan pemikiran anak daerah,” puji Bupati Sehan.

Kata Bupati, ada 80 desa di tujuh kecamatan diboltim, forum anak daerah harus maksimal.

“Pemda akan siapkan anggaran untuk memfasilitasi kegiatan anak-anak. Buatlah perencanaan, dan dalam waktu dekat diharapkan sudah memasukan gagasan-gagasan dari anak daerah. Saya akan berupaya semaksimal mungkin, dan akan menjadi perhatian kita,” pungkas Bupati.

Tambah Bupati, sudah direncanakan pembagunan sarana olahraga disetiap kecamatan dan dikelola oleh desa.

“Perlu ada taman pojok, taman budaya, sarana olahraga anak-anak. Ada juga beberapa spot yang bisa kita kelola untuk tempat anak,” tukasnya.

Terkait penggunaan Media Sosial (Medsos), Bupati kembalikan kepada anak. Namun Ia mengimbau agar anak mampu menggunakan medsos dengan baik dan terarah.

“Untuk menjadi generasi penerus bangsa yang mempunyai kepribadian yang baik, tentunya ini menjadi satu sasaran pemerintah untuk membangun generasi milenial. Namun, tidak semua harus dipantau secara individu, semua kembali pada anak tersebut. Gunakanlah Smartphone anda secerdas mungkin hingga membawa dampak positif bagi kehidupan pribadi maupun bermasyarakat,” tuntas Bupati.(***fibo)