Penuhi Janji, Bupati Bolmong Resmikan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Desa Pangian Induk Timur

oleh

BOLMONG, Suaralidik.Com – Bupati Bolmong Dra. Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, Rabu (07/03), meresmikan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) di desa Pangian Induk, Kecamatan Passi Timur.

“Sesuai dengan janji kampanye saya saat mencalonkan diri sebagai Bupati Bolmong bahwa kalau saya akan terpilih sebagai Bupati maka saya akan mendirikan Instalasi Pengelolaan Air Bersih di kecamatan Passi Timur dan Alhamdulillah bisa terwujud,” Ungkap Yasti dihadapan Masyarakat Kecamatan Passi Timur

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat lewat Kementerian PUPR serta Pemerintah Provinsi Gubernur Sulut yang sudah memperhatikan kebutuhan masyarakat Bolmong, khususnya warga di Kecamatan Passi Timur, karena berkat program ini, warga Kecamatan Passi Timur bisa menikmati air bersih.

“Karena pemerintah juga berkewajiban menyediakan air bersih untuk warga, yang bukan hanya untuk mandi tapi bisa digunakan untuk minum,” tambah Yasti.

Selain itu, Yasti juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan, agar sumber mata air tetap terjaga. Bahkan Yasti meminta kepada pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Passi bahwa jika ada masyarakat yang melakukan aktivitas penebangan pohon atau merusak lingkungan di Areal lokasi Sumber Mata Air, agar dapat ditindak tegas.

Sementara itu, Kasatker Pengembangan Air Minum yang diwakili Hendru Kaunang mengungkapkan, IPA Passi Timur ini bersumber dari sungai Bungbungon yang mampu menampung debit air hingga 300 M3, dengan kecepatan 20 liter/detik, sehingga diperkirakan mampu mengcover 2000 sambungan rumah.

Sementara sumber dana pembangunan IPA bersumber dari Dana APBN, dengan nilai anggaran sebesar Rp 8 Miliar.

“IPA ini dapat menghasilkan air dengan kualitas terbaik, dan untuk proses selanjutnya, kami akan menyerahkan pengelolaan IPA ini, kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bolmong, semoga dengan keberadaan Air bersih ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tandas Kaunang. (is)