Penyampaian Laporan Antara Penelitian Andalalin Bandara Lolak Masuk Tahap II

oleh -
Asisten II Yudha Rantung mewakili Bupati Bolmong, saat memberikan sambutan (Foto TUP Humas Pemkab Bolmong)
Photo : Asisten II Yudha Rantung mewakili Bupati Bolmong, saat memberikan sambutan (Foto TUP Humas Pemkab Bolmong)

BOLMONG, Suaralidik.com – Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Derah Kab Bolmong Ir. Hi. Mohammad Yudha Rantung, Rabu (28/11/2018) mewakili Bupati Bolmong membuka secara resmi Kegiatan Penyampaian Laporan Antara Penelitian Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) Pembangunan Bandar Udara Baru di Kab Bolmong.

Dalam Sambutan Bupati yang dibacakan oleh Asisten II ini menyampaikan, bahwa berdasarkan peraturan menteri perhubungan nomor 75 tahun 2015 tentang penyelenggaraan Analisis Dampak Lalulintas (Andalalin), dalam pasal 2 ayat 1 menyebutkan, bahwa setiap rencana pembangunan pusat kegiatan, pemukiman dan infrastruktur yang akan menimbulkan gangguan jalan, wajib dilakukan analisis dampak lalulintas atau Andalalin, ujar Yudha.

SMKN 1

“Andalalin adalah study khusus yang dilakukan untuk menilai pengaruh yang dapat mengakibatkan perubahan tingkat pelayanan pada ruas atau persimpangan jalan, yang diakibatkan oleh lalulintas jalan suatu kegiatan dan atau usaha pada suatu kawasan tertentu. Yang pada dasarnya merupakan analisis pengaruh pengembangan tata guna lahan terhadap sistem pergerakan arus lalulintas disekitarnya, yang diakibatkan oleh bangkitan lalulintas yang baru, lalulintas yang beralih serta oleh kendaraan keluar masuk dari dan lokasi pembangunan bandara baru tersebut,”ungkap Asisten II.

Lanjutnya, dalam analisis dampak lalulintas, perkiraan banyaknya lalulintas yang dibangkitkan oleh fasilitas pembangunan bandar udara baru, merupakan hal yang sangat mutlak dan penting untuk dilakukan, termasuk proses pendekatan manajemen lalulintas yang dirancang untuk menghadapi dampak pembangunan bandara baru ini, terhadap jaringan jalan yang ada, terang Yudha

“Penyampaian laporan antara oleh tim konsultan PT Wima Waya Nusantara, dimaksudkan untuk menganalisis besaran dampak lalulintas yang timbul akibat pembangunan bandar udara baru pada tahap pratahap konstruksi dan operasional, serta sebagai upaya dalam penanganan dampak yang ditimbulkan terhadap jaringan jalan yang ada disekitar pembangunan bandar udara baru,” Pungkasnya.

Penyampaian laporan Antara pada hari ini, merupakan tahap kedua dari tahapan studi konsultasi analisis dampak lalulintas pembangunan bandar udara baru di Kabupaten Bolmong, kata Yudha.

“Oleh karena itu, melalui penyampaian laporan Antara oleh tim Konsultan pada hari ini, diharapkan akan menghasilkan suatu rumusan dan konsep serta solusi terbaik, dalam penanggulangan permasalahan dibidang lalulintas, sebagai dampak dari pembangunan bandar udara baru di Kab Bolmong,” Imbuhnya. (***Is)