Penyeberangan Lewat Laut Bira – Pamatata Selayar Semakin Lancar

oleh
Photo : Malik

Lidik Selayar – Pemerintah bupati kepulauan selayar berhasil memenuhi permintaan masyarakat khusus armada laut untuk penyeberangan dari pelabuhan pamatata ke bira bulukumba begitupun sebaliknya.

Photo : Malik
Photo : Malik

Sebelumnya masyarakat selayar melakukan penyeberangan rute Bira-pematata menggunakan KMP Bontoharu, milik PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) yang kadang tidak bisa memuat semua penumpang sebagai dampak jumlah muatan yang semakin bertambah.

Hal ini sering sekali dikeluhkan oleh penumpang yang pada umumnya masyarakat kepulauan selayar yang terlantar dipelabuhan.mereka mengeluhkan kurangnya armada yang memaksa mereka harus menginap di pelabuhan bira atau di pamatata.

Berdasarkan laporan dan keluhan masyarakat, Bupati kepulauan Selayar Muh Basli Ali memberikan respon yang baik dengan solusi menambah satu armada laut khusus penyeberangan Rute Bira-Pematata.

Hasil pantauan suaralidik.com di pelabuhan bira bulukumba,saat ini pelayaran rute Bira-Pamatata sudah dilayani dua armada yang bisa digunakan untuk melakukan penyeberangan yaitu KMP Bontoharu dan KM. Lestari Maju, milik perusahaan PT. Lestari Maju Bersama.

KM. Lestari Maju memiliki daya angkut sampai 200 orang,sekitar 50 unit kendaraan pribadi mobil, bus dan truk. Sedang untuk kendaraan sepeda motor mampu menampung 300 unit motor ini menjadi solusi memperlancar transportasi laut khusus penyeberangan bulukumba-selayar.

Ihsan salah satu penumpang asal selayar yang sempat berbincang dengan suaralidik.com minggu 4/12/2016 mengatakan sejak adanya KM. Lestari Maju Ia sudah tidak ragu lagi untuk melakukan penyeberangan karena yakin tidak akan terlantar lagi di pelabuhan bira bulukumba,kabarnya ia paling sering terlantara di pelabuhan bira menuju selayar.

” bagusmi pak karena sekarang adami KM Lestari Maju jadi kalau KM bontoharu tidak muat kan masih ada satu kapal fery lagi ditunggu ” jelas ihsan

( mlk/bcht/drws)