Perahu Dihantam Ombak, 6 Nelayan Asal Pohuwato Hanyut di Teluk Tomini

oleh -0 views
Pencarian 6 Nelayan Pohuwato
Foto : Tim Sar dan BPBD Pohuwato sedang bersiap-siap melakukan pencarian ke 6 nelayan yang diduga hanyut di Teluk Tomini,(foto Istimewa).

POHUWATO, Suaralidik.com – Akibat cuaca buruk, kapal pencari ikan yang ditumpangi 6 nelayan asal kecamatan Wanggarasi kabupaten Pohuwato dihantam ombak, Minggu 12/01/2020.

Ke 6 nelayan masing-masing Aswin Madu (36), Wani Madu, Roy Abdul, yang merupakan warga Desa Yipilo, beserta 3 nelayan lainya, Ka Tumu, Ka Jabi, serta Aten yang merupakan warga Desa Wanggarasi Timur, dikabarkan hanyut dan kini terombang-ambing di perairan Teluk Tomini Gorontalo.

Kapala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Pohuwato Ramon Abjul, saat dihubungi media ini melalui telepon seluler mengungkapkan, peristiwa tersebut bermula pada pukul 14.15 Wita saat ke 6 nelayan ini sedang mencari ikan di teluk tomini tepatnya di perairan Wanggarasi.

“Tak berselang lama, perahu yang mereka tumpangi dihantam ombak besar. Akibatnya, salah satu bambu yang dipasang di bagian kiri dan kanan perahu (Cadik) hancur hingga membuat perahu tidak stabil lagi,” ungkap Ramon.

“Perahu tak lagi bisa menahan kerasnya ombak, membuat mereka memilih berlindung di salah satu Bagan (Rumpon,red) ikan yang ada disekitarnya, namun usaha tersebut tak berhasil. Kapal yang mereka ditumpangi mereka kembali dihantam ombak besar, hingga mengalami kerusakan parah,” sambung Ramon.

Melihat kondisi itu, lanjut Ramon, para nelayan segera menghubungi BPBD Pohuwato untuk melaporkan kondisi dan lokasi mereka berlindung.

“Namun, dengan kondisi cuaca ekstrem, dan ombak besar yang mencapai 3 meter diperairan teluk tomini membuat proses evakuasi belum bisa dilakukan,” jelas Ramon,(Hitler).