Percepat Perbaikan Sungai Andagile, Indra Yasin Temui Kepala BWSS l

oleh

Bupati Gorontalo Utara saat melakukan pertemuan bersama Plh Kepala BWSS Ir.Jacqueline Tahardi Hotel Swiss-Belhotel Kota Manado, Jumat 26/10/2018,(foto Humas).

Gorontalo, Suaralidik.com – Demi mempercepat perbaikan sungai Andagile Kecamatan Atinggola, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin disela-sela agenda Pemerintah Daerah di Kota Manado Sulawesi Utara, Bupati menyempatkan diri bertemu dengan Plh.Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I (BWSS l) Ir.Jacqueline L.Tahar guna membahas tentang Program Perbaikan daerah sungai Andagile.

Bupati didampingi Kabag Pembangunan Setda Gorut, Haris Latif dan Kabid Bina Marga Dinas PU Gorut, Rizal Modanggu, melakukan pertamuan dengan Pihak Balai BWSS I ini dilakukan di Hotel Swiss-Belhotel Kota Manado, Jumat 26/10/2018.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Indra Yasin mengungkapkan bahwa kondisi Sungai Andagile pasca Bencana Banjir dan longsor beberapa waktu lalu sangat memperihatinkan dan meresahkan masyarakat sekitar yang khawatir akan terjadinya bencana Banjir susulan jika musim penghujan tiba.

Kerusakan akibat bencana tersebut, membuat Pemda Gorut berupaya untuk segera mungkin mencari solusi dan berupaya melobi anggaran untuk perbaikan fasilitas sungai yang mengairi 3 desa di Kecamatan Atinggola.

Sehingganya pertemuan dengan pihak BWS Sulut I sangat penting terkait permohonan Bantuan Proposal oleh pemda Gorut ke kementerian Pusat.

“Ya, pertemuan dengan Balai Sungai sulut guna membahas tentang proposal bantuan ke kementerian Pusat dalam rangka perbaikan Fasilitas Sungai Andagile Kecamatan Atinggola yang rusak akibat Bencana Banjir maupun longsor. Karena kewenangan balai sungai Sulut masuk sampai ke Sungai andagile kecamatan Atinggola yang juga bersebelahan dengan Bolmut, Sulut. Dan alhamdulillah mereka (BWS) akan memberikan dukungan sepenuhnya. jika proposal sudah lolos di Kementerian maka mereka akan langsung menindaklanjuti keinginan masyarakat khususnya di kecamatan Atinggola”,ungkap Bupati

Indra Yasin berharap program perbaikan sungai Andagile sudah bisa action pada akhir ataupun awal tahun, agar masyarakat Gorut khususnya yang ada di Kecamatan Atinggola tidak khawatir lagi.

Sementara itu, Plt.Kabag Pembangunan Setda Gorut, Haris Latif menambahkan bahwa upaya Penanganan pasca bencana sungai andagile sendiri telah dikonsultasikan bersama dengan BWSS I.

“Dalam proposal yang nantinya akan disampaikan ke Kementerian Pusat, kami ajukan kurang lebih 13,6 milyar lebih untuk menangani sungai Andagile yang berada di 3 desa yakni desa buata, desa posono dan desa pinontoyonga. Mudah-mudahan jika di Setujui Kementerian, maka Pekerjaan Perbaikan sungai Andagile akan segera dikerjakan pada awal tahun 2019”,tambah Kabag,(***Rollink).