,

Perdana, Lidik Pro Terbangkan TKI Resmi ke Negara Malaysia

oleh -
TKI Resmi Bulukumba
Photo calon TKI resmi di sekretariat Lidik Pro DPD Bulukumba sebelum diberangkatkan ke kota Makassar, Jumat (1/3)

Bulukumba, suaralidik.com – Jumat (1/3/2019) malam,  sekretariat Lidik Pro dipadati calon TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang siap berangkat ke negara Malaysia.

Sebanyak 10 TKI dari berbagai daerah provinsi sulawesi selatan diberangkatkan dan dilepas langsung oleh Ketua Umum Lidik Pro Bachtiar Muslimin yang didampingi Sekjend Muh Darwis K dan personil Lidik Pro lainnya.

Dalam prosesi pelepasan TKI menuju Bandara Hasanuddin, Bachtiar Muslimin menitip pesan kepada semua TKI agar senantiasa menjaga keselamatan kerja, kesehatan, menghindari Narkoba, Miras dan perjudian di negara tetangga, fokus bekerja, berdoa dan terus memikirkan masa depan serta keluarga yang menanti di kampung masing-masing.

” Alhamdulillah semua dokumen kalian sudah lengkap dan memenuhi persyaratan untuk berangkat ke negara Malaysia sebagai TKI Resmi, setiba di sana, harap untuk tidak mendekati Narkoba, Miras dan perjudian karena rata-rata TKI gagal total karena perbuatan ini semua” pesan Bachtiar Muslimin kepada mereka.

Di tempat yang berbeda, Muh Darwis mengaku kalau pengurusan dokumen-dokumen calon TKI banyak mengalami kendala yang tentunya menjadi tantangan dalam memberangkatkan TKI secara resmi ke Malaysia secara cepat.

TKI di bandara Sulthan Hasanuddin
Salah satu calon TKI berphoto dengan keluarganya sebelum chek-in di bandara internasional Sulthan Hasanuddin kota Makassar

Calon TKI terkadang hanya memiliki KTP biasa (Non Elektronik) yang tentunya belum syncron dengan database Disdukcapil dan instansi lainnya. Selain itu, rata-rata mereka tidak memiliki Akta Kelahiran yang menjadi salah satu syarat penerbitan Paspor.

“Banyak kendala, tetapi kami tiada henti mendampingi langsung semua calon TKI dalam mengurus dokumen yang dibutuhkan, mulai dari Akta Kelahiran, KTP, KK hingga surat izin dari keluarga dan pemerintah” kata Darwis yang juga dipercayakan sebagai Kepala Cabang PT. Dasa Graha Utama Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain itu, Darwis juga menyebutkan kalau sebenarnya untuk penempatan perdana terdapat 25 orang TKI ke negara Malaysia, namun baru 10 orang yang lengkap dokumennya, olehnya itu langsung di berangkatkan tanpa mengulur waktu.

” Insya Allah, sisanya sebanyak 15 orang sedang dalam proses semua, dan Kami juga akan berangkatkan langsung setelah dokumennya semua siap” Sambungnya.

Kepala BP3TKI Makassar, Moch Agus Bustami yang dikonfirmasi melalui selulernya menyampaikan apresiasinya terhadap Lidik Pro.  Ia menilai bahwa Lidik Pro sudah memberikan perhatian dan konstribusi langsung dalam menyelamatkan pahlawan-pahlawan devisa dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

” ini sangat bagus, kami tentunya sangat mengapresiasi ini, inilah prosedur dan mekanisme yang sebenarnya sebagai TKI, Dokumennya lengkap, ada KTKLN dan diberangkatkan pula baik-baik, keluarga juga yang ditinggal tentu tenang ” kata Agus Bustami. (***BCHT)