Perebutan Lahan Peti di Bakan Lolayan Nyaris Telan Korban

oleh
Photo : Polres dan Kodim 1303 Bolmong amankan 23 orang penambang

Bolmong, Suaralidik. Com – Gara-gara perseteruan lahan tambang emas di lokasi penambangan emas tanpa izin (PETI), Kamis (12/4/2018) kawasan Peti Bakan Kecamatan Lolayan nyaris telan korban.

Photo : Suasana mencekam antar penambang Bakan dan pendatang Asal Dumoga

Kisruh yang mengarah perkelahian massa itu diduga kuat persaingan lokasi antara warga lokal Bakan  dan pendatang asal Dumoga.

Konon, mereka saling mengklaim tentang batas areal penambangan mereka masing masing. Perang urat leher lalu terjadi. Tak ada yang mengalah. Masing-masing kelompok lalu berkumpul. Senjata tajam juga dibawa. Suasana menjadi panas karena kedua kelompok siap menyabung nyawa.

Beruntung, mata telinga Polres Bolmong dan Kodim 1303 Bolmong cepat membaca situasi. Gerakan cepat Polres dan Kodim Bolmong mendatangi lokasi kejadian.

Sekitar 23 orang penambang langsung diciduk dan dibawa ke Polres Bolmong.
Informasi yang dirangkum, kekesalan dan kejengkelan penambang Bakan sudah lama terpendam. Sejak kedatangan penambang Dumoga sudah terjadi gesekan-gesekan.

Penambang Dumoga itu sengaja didatangkan oleh seorang penambang yang sudah menetap di desa Bakan. “Tingkahnya itu seakan-akan mengatur kami,”ungkap sumber.

Apalagi kejadian malam itu, penambang Dumoga sangat jelas sekali mereka datang lengkap dengan barang tajam dan langsung menodongkan sajam.
“ Mereka menodong sajam dan ingin merampok karbon milik kami,”tambah sumber.

Ditempat berbeda pihak Polres Bolmong melalui Kepala Satuan Reskrim Polres bolmong AKP Ronny H Marijan menjelaskan 23 orang akan di mintai keterangan terkait dengan insiden di Bakan.  “Kami masih mendalami apa motif dari kejadian ini,”Marijan. (***Jul/iqb)