Perilaku Politik Masyarakat Bantaeng

oleh

Penulis : IPW*
Mahasiswa Ilmu Politik UIN Alauddin Makassar

Opini, Suarlidik.Com – Kabupaten bantaeng merupakan salah satu yang di kenal dengan kemajuan yang cukup drastis dalam Beberapa terakhir ini, kemajuan dari segi insfraktuktur dalam kurung waktu 9 tahun, dan terus berkembang menuju kota yang beriknifikan dalam pengelolaan sumber, baik sumber daya manusianya begitupun dengan sumber daya Alamnya

Melihat kabupaten bantaeng saat ini yang memiliki insfraktur dan beberapa keunggulan yang di sebutkan dalam tulisan sebelumnya
ada beberapa hal dalam konteks kehidupan masyarakat bantaeng yang cukup melekat dalam kepribadian setiap masyarakat bantaeng tetapi kita sering melupakan hal-hal tersebut.

Kondisi masyarakat bantaeng dalam kesehariannya masih memegang teguh budaya primordial, dimana sistem primordial ini lebih mengutamakan unsur kekeluargaan dalam menjaga kerukunan dan keberlangsungan kehidupan masyarakat bantaeng.

kepentingan bosisme dalam beberapa kalangan di masyarakat bantaeng cukup memiliki andil dalam mempengaruhi perubahan struktural horizontal masyarakat, hal ini salah satu faktor yang harus kita perhatikan secara saksama dalam dalam ruang lingkup Kabupaten bantaeng.

semua orang telah mengetahui dalam waktu dekat kabupaten bantaeng akan di Helak pesta rakyat terbesar di butta toa (Julukan Kab Bantaeng) yakni pemilihan kepala daerah (PILKADA) melanjutkan tonglat stapet kepemimpinan prof.DR. NURDIN ANDULLAH yang telah mengkawal kabupaten bantaeng selama 10 tahun ini.

Hal ini akan menjadi kompetisi bagi para pemuda untuk menjadi pemegang kekuasaan tertinggi di kabupaten bantaeng.

Namun sebelum itu kita tidak boleh melupakan beberapa hal yang di sebutkan di atas yang cukup memiliki poin penting dalam kehidupan masyarakat bantaeng.

karena pengaruh bosisme di beberapa kalangan masyarakat bantaeng cukup memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menganalisis setiap calon pemimpin kabupaten bantaeng selanjutnya dan budaya primordial yang masih melekat pada setiap pribadi masyarakat bantaeng menjadi salah satu teropong calon pemimpin selanjutnya.

Editor : Adhe