Peringatan Detik-detik Proklamasi di Bulukumba Berlangsung Hikmat, 30 ASN Terima Satyalancana

oleh
HUT RI di Bulukumba
Upacara peringatan HUT Kemeredekaan RI ke 73 di kabupaten Bulukumba

Bulukumba, suaralidik.com – Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tahun 2018 tingkat Kabupaten Bulukumba di Lapangan Pemuda berlangsung hikmat, Jumat (17/8)

Seperti tahun sebelumnya, peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus, ditandai dengan suara sirene dari seluruh sudut Lapangan Pemuda kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Bulukumba Andi Hamzah Pangki.

Bupati AM Sukri Sappewali tampil sebagai Inspektur Upacara, dan Kasat Reskrim Polres Bulu Iptu. Deki Marizaldi, Sik.MH sebagai komandan upacara, sedangkan doa bersama dibacakan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dr. Ali Yafid.

Tampak hadir pada upacara peringatan HUT RI ke 73 diantaranya Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto, anggota DPRD, para unsur Forkopimda, Sekda Andi Bau Amal.

Selain itu tampak anggota Legiun Veteran, ASN, TNI Polri, tokoh masyarakat, ormas, OKP, KPU, Bawaslu dan instansi vertikal lainnya. Juga di luar lapangan tampak ratusan warga menyaksikan jalannya upacara kemerdekaan RI, utamanya pada saat prosesi penaikan bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

Usai upacara Bupati Bulukumba menyematkan penghargaan Satyalancana kepada pegawai negeri atas pengabdiannya sebagai aparatur pemerintah. Sebanyak 30 ASN menerima Satyalancana. 10 orang untuk pengabdian 30 tahun, 10 orang untuk pengabdian 20 tahun dan 10 orang untuk pengabdian 10 tahun.

Setelah shalat Jumat, rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Taccorong. Di TMP Taccorong ini Ketua DPRD Andi Hamzah Pangki menjadi inspektur upacara. Selanjutnya, masih di wilayah Taccorong, rombongan bergeser ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Bulukumba untuk mengikuti upacara Pemberian Remisi kepada Narapidana.

Dari Lapas Taccorong, rombongan kemudian menuju Ponre Kecamatan Gantarang untuk melakukan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional asal Bulukumba H. Andi Sulthan Daeng Radja. Di makam ini Bupati AM Sukri Sappewali menjadi inspektur upacara yang merupakan cucu dari H. Andi Sulthan Daeng Radja. (***ulla)