Peringatan HUT RI 72, Kapolri Tekankan Ini ke Anggotanya

oleh

Suaralidik.com – Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 72 dijadikan Kapolri Jenderal Polisi M Tito Karnavian, sebagai momentum untuk memberikan penekanan kepada seluruh anggotanya dalam mengawal demokrasi.

Setidaknya ada tujuh poin penekanan yang disampaikan Kapolri melalui sambutan yang dibacakan oleh Irwasum Polri Komjen Pol Dwi Priyanto, dalam Upacara di Lapangan Bhayangkara tadi pagi (17/8/17).

“Tujuh penekanan bagi Polri sebagai pengawal demokrasi dan perekat unsur kebhinekaan bangsa lewat perenungan nilai Proklamasi 17 Agustus 2017 jadi landasan introspeksi dan motivasi jati diri Polri dalam pelaksanaan tugas, ” katanya.

Penekanan tersebut antara lain :
Pertama adalah jaga soliditas internal, tingkatkan kemampuan dan profesional Polri guna merebut kepercayaan publik.

Kedua, tanamkan dan tingkatkan terus nilai-nilai kejuangan yang dimiliki para pahlawan untuk diaplikasikan pada medan pengabdian sebagai personel Kepolisian dimanapun bertugas.

Ketiga, jadilah sosok panutan dan teladan ditengah masyarakat. Hindari tindakan yang menyakiti hati masyarakat. Serta lakukan tindakan tegas terhadap berbagai bentuk kriminalitas sesuai dengan aturan yang berlaku.

Keempat, tingkatkan kesiapsiagaan operasional untuk mengantisipasi perkembangan situasi yang dinamis sebagai wujud reaksi cepat Polri dalam melayani masyarakat.

Kelima, tingkatkan kerjasama dan sinergi dengan seluruh stake holder. Mulai dari pemerintah pusat dan daerah, lembaga negeri dan swasta, TNI, aparat penegak hukum lain maupun dengan seluruh komponen masyarakat dimanapun berada.

Keenam, kawal dan amankan penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 di 171 daerah. Jaga netralitas Polri serta bangun komunikasi yang efektif dengan seluruh elemen pelaksanaan Pilkada.

Terakhir, dukung pelaksanaan agenda Pemerintah dalam mewujudkan pembangunan nasional, melalui upaya dan tindakan Kepolisian yang sejalan dengan aturan hukum dan perundang-undangan.

Sementara itu, Kapolri menghadiri undangan peringatan HUT RI Ke 72 di Istana Negara.