Peringati Hari Juang Kartika, Kodim 1415/Kepulauan Selayar Ziarah ke TMP Barugaia

oleh

suaralidik.com, Selayar–Ziarah ke taman makam pahlawan Barugaia, Kecamatan Bontomanai yang dilakukan oleh seluruh jajaran personil Kodim 1415/Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan menjadi salah satu rangkaian acara penting dalam peringatan Hari Juang Kartika (HJK) 2017 yang jatuh pada hari Jum’at (15/12) besok.

Ziarah dalam rangka mengenang jasa pahlawan ini dilaksanakan pada hari Kamis, (14/12) sekitar pukul 09.00 Wita. Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1415/Kepulauan Selayar, Letkol ARM Yuwono, S.Sos., MM, menjadi pimpinan rombongan.

Rangkaian ziarah ke Taman Makan Pahlawan Barugaia juga dihadiri Kasdim 1415/Kepulauan Selayar, Mayor Inf. Junaid, Kepala Minvet Kabupaten Kepulauan Selayar, dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana XXIX Cabang Kepulauan Selayar, Novi Kusumaningrum Yuwono bersama segenap jajaran pengurus Persit.

Kegiatan ziarah didahului dengan gelar upacara yang dipusatkan di area Taman Makam Pahlawan Barugaia. Suasana hening dan khidmat mengiringi jalannya kegiatan upacara yang diikuti oleh seluruh anggota Kodim 1415/Kepulauan Selayar.

Letkol ARM Yuwono mengatakan, Peringatan HJK 2017 ini hendaknya tidak dimaknai sebagai rangkaian acara seremonial belaka.

Lebih dari itu, dia berharap, momentum ini dapat dimaknai sebagai media untuk mengenang jasa dan perjuangan pahlawan yang telah mengorbankan segenap jiwa raganya dalam rangka perebutan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain untuk mengenang jasa serta perjuangan para pahlawan, kegiatan ini sekaligus menjadi momentum dalam mendo’akan arwah pejuang.

“Kehadiran personil Kodim 1415/Kepulauan Selayar sebagai bahagian tak terpisahkan dari keluarga besar TNI di Kompleks Taman Makam Pahlawan Barugaia, merupakan sebuah kebanggaan tersendiri yang menunjukkan jati diri dan konsistensi nilai-nilai perjuangan institusi TNI dalam mengisi dan mempertahankan kekokohan NKRI.” Tambah Dandim yang aktab di sapa Yuwono tersebut.

Dalam serangkaian agenda, Letkol Yuwono beserta perwira kodim lainnya melakukan peletakan karangan bunga, pengisian buku tamu dan mengakhiri kegiatan dengan prosesi tabur bunga di atas pusara para pahlawan. (fadly syarif)