Peringati Hari TB Sedunia, Tomy Satria Yulianto Ajak Masyarakat Untuk Hidup Sehat

oleh
Hari TB
Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto dalam kegiatan peringati hari TB di kab Bulukumba,Jumat 31/3/2017

Suara Lidik Bulukumba,– Peringatan Hari TB Sedunia (HTBS) berlangsung semarak karena dirangkaikan dengan Senam Sehat Bugar. Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Pemuda, Jumat pagi (31/3) ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto bersama Wakil Ketua TP-PKK Bulukumba Isniyah Tomy Satria menghadiri

Hari TB
Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto dalam kegiatan peringati hari TB di kab Bulukumba,Jumat 31/3/2017

Menteri Kesehatan dr.Nila Farid Moeloek dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadis Kesehatan Bulukumba dr. Abd. Gaffar berharap agar peringatan Hari TB Sedunia benar-benar akan mendorong dan meningkatkan peran serta dan dukungan masyarakat dalam program penanggulangan.

Selanjutnya seluruh lapisan masyarakat termasuk keluarga, dan segenap jajaran lintas sektor serta semua pemangku kepentingan diharapkan mendukung program penanggulangan TB dan menempatkan TB sebagai masalah yang harus diselesaikan bersama.

Menkes menghimbau untuk mengetuk berjuta-juta pintu, temukan terduga TB lalu obati sampai sembuh guna mewujudkan Eliminasi TB Tahun 2035. Semoga kegiatan Ketuk 100.000 pintu, lanjut Menkes merupakan implementasi dari gerakan TOSS TB.

Adapun Tomy Satria Yulianto menyampaikan kehadiran kita pada acara kampanye TB ini bukan karena sebagai petugas kesehatan, tapi lebih penting bahwa kita semua masyarakat Kabupaten Bulukumba harus bertindak sebagai orang yang berkampanye kesetiap orang

Tomy Satria Yulianto bersama panitia Pasca Peringati hari TB sedunia di Lapangan pemuda kab bulukumba, jumat 31/3/2017

“Saya ingin mendorong kepada kita semua bagaimana masyarakat Bulukumba berusaha untuk hidup sehat, bagaimana berperilaku hidup sehat, harapan saya seluruh SKPD, camat, lurah ajaklah masyarakat kita untuk memeriksakan dirinya kesarana-sarana kesehatan guna mengantisipasi terjangkitnya mereka pada TB.

Berapa kalipun kita memperingati Hari TB, lanjut Tomy, kalau tidak ada perubahan perilaku dari kita, maka percaya saja tidak akan merubah angka-angka apapun terhadap penderita TB.

Diakhir acara dilanjutkan penyerahan penghargaan kepada pengelola program P2TB Puskesmas dan kader TB “Ketut Pintu” kepada Puskesmas Bonto Tiro (Kriteria jumlah rumah terbanyak dikunjungi 114 rumah), Puskesmas Tanete (Kriteria jumlah terbanyak terduga TB yang ditemukan 78 Orang), Puskesmas Bonto Bangun (Kriteria jumlah terbanyak Kasus TB yang ditemukan 2 orang), Kader TB Desa Taccorong atas nama Daeng Bunga(Kriteria partisipasi dalam penemuan dan pengawasan menelan obat pada penderita TB).

Selain para pegawai puskesmas se Kabupaten Bulukumba, turut hadir Plt. RSUD Sultan Dg Raja dr. Abdur Rajab, Kepala BPJS Kesehatan Oktav Andi Marut dan para camat.( ULLA/BCHT)