PemprovSulsel Pemkab bantaeng
Religi  

Peringati Idul Adha, SMPN 9 Makassar dan IKA Menyembelih 2 Sapi dan 1 Kambing

Kepala Sekolah SMPN 9 Makassar, Hj. Nirmaladewi, S.Pd, M.Pd, Bersama dengan Ketua Ikatan Alumni (IKA) Kapten (AU) Dudy Kajoa Putra, Melaksanakan Penyembelihan Hewan Kurban, Minggu 10 Juli 2022.

Makassar, SuaraLidik.com – Memperingati Hari Raya Idul Adha 1443 H yang jatuh pada hari Minggu (10/07/2022), SMPN 9 Makassar bersama dengan Ikatan Alumni (IKA) melaksanakan penyembelihan hewan kurban, yang dilakukan di halaman sekolah SMPN 9 Makassar, Jalan Ir. Soetami (Baddoka).

Dalam keterangannya, Kepala Sekolah SMPN 9 Makassar, Hj. Nirmaladewi, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa, penyembelihan hewan kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha ini berupa 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Dimana Ikatan Alumni (IKA) sendiri menyumbangkan berupa 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing yang mengatasnamakan guru-guru mereka yang sudah purnabakti, serta Kepala Sekolah dan para guru menyumbangkan 1 ekor sapi.

“Untuk Idul Adha tahun ini, kami dari keluarga besar SMPN 9 Makassar beserta Ikatan Alumni (IKA) melakukan kurban sebanyak 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelas Hj. Nirmaladewi.

Sementara itu, Ketua Ikatan Alumni (IKA) SMPN 9 Makassar, Kapten (AU) Dudy Kajoa Putra mengatakan bahwa, peringatan Idul Adha tahun ini bagaimana kita bisa memetik kisah Nabi Ibrahim yang menjalankan perintah Allah SWT untuk menyembelih putranya Ismail.

Hal tersebut bersandar pada sebuah kisah didalam Al-Qur’an Surat As-Saffat ayat 102, yang berbunyi Ketika anak itu sampai pada (umur) ia sanggup bekerja bersamanya, lalu Ibrahim (berkata), “Wahai anakku, sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelimu, pikirkanlah apa pendapatmu”. Lalu Ismail (menjawab) “Wahai Ayahku, lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu, Insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang sabar.

“Kisah ini yang Insya Allah kami teladani dari Nabi Ibrahim yang senantiasa ikhlas menjalankan perintah Allah SWT,” jelasnya.

“Selain itu, kami berharap daging kurban bisa bermanfaat untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan, dan tentunya semoga kita diberikan senantiasa kesehatan dan ganjaran pahala dari Allah SWT,” pungkasnya.