Permasalahan Sampah di Kaliurang Mulai Mengkhawatirkan

oleh
Sumber gambar : foto Ilham D, krjogja.com

Regional, Lidik Yogyakarta – Sampah di Kaliurang menjadi masalah tersendiri. Kegiatan garuk sampah bertajuk Gerakan reresik sampah gunung dilakukan pada minggu 26 Februari 2017 di kawasan wisata Tlogo Putri, Tlogo Putri merupakan tempat wisata di Kaliurang yang memadukan wisata air dan alam. Kamis (02/03/2017)

Sumber gambar : foto Ilham D, krjogja.com

Disana terdapat banyak sampah jenis plastik dan bekas botol minuman. Kemungkinan sampah itu berasal dari wisatawan yang berkunjung.

Wilayah Kabupaten Sleman, Yogyakarta merupakan wilayah yang cukup luas dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Selain itu, pada akhir pekan sering dijadikan destinasi wisata pilihan.

Dengan seringnya aktivitas baik yang dilakukan warga sekitar maupun dari luar kota tentu akan menjadi tantangan dalam penanggulangan sampah yang dihasilkan

Seperti yang dilansir krjogja.com, Guna menanggapi tantangan tersebut, Komunitas Yogya Green & Clean (YGC), membawa hasil garuk sampah pagi itu ke Bank Sampah.

Disana, sampah akan diolah hingga bernilai ekonomis secara 3R (Recycle, Reduce, Reuse).
Dengan demikian, menurut Erwan Widyarto, Sekretaris YGC, sampah tidak hanya menjadi masalah bagi Sleman. Tapi bisa menjadi berkah. “Monggo yang ingin bersama-sama mengelola sampah, kita bergerak bersama,” pungkasnya.

Rep : Titin Widyawati
Editor : Adhe