Pertahankan Kearifan Lokal, Pemuda Kajang Di Tana Toa Lama Gelar Festival Seni Budaya

oleh

suaralidik.com, BULUKUMBA– Pemuda Kajang Tana Toa Lama menggelar festival seni budaya di Desa Tana Toa, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba. Perhelatan ini rencana akan dilaksanakan mulai Kamis (28/12) hingga minggu (31/12) nanti.

Kegiatan tersebut sementara berlangsung dan akan menampilakan beberapa persembahan, diantaranya tarian, cerita rakyat (rupama), fashion show khusus pakaian adat, permainan kecapi/gambus, dan beberapa kesenian lainnya yang mengandung nilai luhur tersediri.

Panitia Pelaksana, Sri Yeli Amelia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membangkitkan semangat pemuda sebagai regenerasi kedepannya, agar menjaga nilai-nilai kearifal lokal budaya Tana Toa.

“Sebagai ajang untuk menggali potensi para pemuda pada umumnya, juga para regenerasi di kidz zaman now ini, sadar akan pentingnya nilai-nilai kearifan lokal. Karena budaya yang telah diwariskan oleh pendahulu kita harus dijaga dan dirawat,” kata Sri.

Selain itu, pemuda Tana Toa lainnya, Muhammad Aziz mengungkapkan mengenai pentingnya kerja sama dalam menjaga kebudayaan, karena budaya Indonesia sekarang ini telah mendunia dan dikenal oleh Negara lain.

“Maka dari itu saya harapkan, festival yang dilaksanakan hari ini, tidak hanya sampai disini. Tapi kegiatan ini terus berlanjut, agar teman-teman sadar bahwa Bahasa Konjo atau Bahasa Kajang itu penting kita tahu,” ungkap Aziz yang biasa disapa Allu.(*)