Pertama di Sulsel, Kades Rappoa Bantaeng, Luncurkan Mobil Layanan Kesehatan

oleh
Mobil Sehat Pemerintah desa Rappoa kecamatan Gantarang

Bantaeng, Suaralidik.com – Pemerintah Desa Rappoa Kecamatan Pajukukang Kabupaten Bantaeng kembali berinovasi dengan program Layanan Kesehatan.

Satu satunya Pemerintah Desa di Sulawesi Selatan bahkan se Indonesia yang membuat program layanan kesehatan dengan pengadaan Mobil Ambulance Gratis yang siap 1 x 24 Jam melayani warganya, Mobil Kesehatan Gratis yang dilengkapi pasilitas kesehatan dan tenaga medis adalah salah satu inovasi kades Rappoa dalam memberikan pelayanan dan pemberdayaan terhadap warganya.

Menurut Kades Rappoa Irwan Darfin di Warkop Bang Noval ” Pengadaan Mobil Sehat ini sebagai wujud kepedulian dan pelayanan serta memberdayakan warga kami, dengan menggunakan APBdes kami pun menganggarkan tahun ini sekitar 250 juta khusus untuk layanan Kesehatan Warga Rappoa, adapun rincian dari penggunaan Dana Desa untuk Layanan Kesehatan Warga Rappoa antara lain:
1. Kontrak atau sewa bangunan poskesdes
2. 1 unit Mobil sehat desa
3. Pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis MoU dengan dr.g. Ismail Mustafa
4. Pemeriksaan dan pengobatan kesehatan MuO dengan Dr. Hikmah untuk dokter keluarga
5. PMT posyandu
6. Pakaian seragam kader posyandu
7. Insentif tenaga kesehatan Desa
8. Insentif driver Mobil sehat

Inovasi demi Inovasi terus dimunculkan Kades Rappoa, berbagai tanggapan positif pun bermunculan terkait kepemimpinan Bapak Irwan Darfin selaku Kepala Desa Rappoa, salah satunya adalah Aktivis Kabupaten Bantaeng Rusdi, B.S.Pd.I, Menurutnya ” Apa yang dilakukan pemerintah Desa Rappoa sekiranya bisa menjadi contoh bagi kepala Desa lain yang ada di Kabupaten Bantaeng, Kebijakan yang pro rakyat dan mengedepankan asas manfaat adalah hal yang patut kita apresiasi”. Ujarnya

Lanjut disampaikan ” Kades Rappoa yang penuh dengan inovasi dan mengedepankan asas manfaat adalah cara menggunakan Dana Desa dengan Manfaat yang begitu besar, transfaransi pengelolaan Anggaran sangat tidak diragukan lagi”. Ujarnya