Pilbup Sinjai 2018 Masih Diwarnai Geopolitik Utara-Selatan

oleh
ilustrasi Pilkada

MAKASSAR,SUARALIDIK.com— Petahana Bupati Sinjai Sabirin Yahya dan Wakil Bupati Andi Fajar Yanwar di gadang-gadang ingin maju sebagai Bakal Calon Bupati Sinjai periode 2018 – 2023 kemungkinan besar harus kerja keras, sebab selain dukungan electoral yang belum stabil, juga akan ditantang figur-figur populer dan siap tempur melawan kedua petahana.

Pilkada Sinjai 2018

Lalu sejauh mana potensi bagi petahana untuk bisa kembali memenangkan Pilkada Sinjai ?

Suwadi Idris Amir, Direktur PT Indeks Politica Indonesia (IPI) ,Jumat (12/5/17) menuturkan, Pilkada Sinjai tergolong sangat dinamis, sebab selain petahana Sabirin Yahya (SBY) dan Andi Fajar Yanwar, figur penantang petahana seperti Andi Seto Gadhista Asapa ( Putra Rudiyanto Asapa), Ir.Andi Harun, Nas’yit Umar, Andi Mahyanto Mazda, Yusran Sofyan, Dedi Ardiansyah dan Takyuddin Masse juga sangat terbuka kansnya untuk bisa memenangkan pilkada sinjai juni 2018 nanti.

Hal ini karena selain dukungan elektoral petahana yang belum stabil, modal sosial dan kapital lawan-lawan petahana juga cukup bagus. Andi Seto Asapa dan Andi Mahyanto selaku penantang incumbent saat Pilkada 2013 lalu, saat ini mereka maju tentu dengan persiapan yang matang” tutur Suwadi.

Lebih lanjut Suwadi menambahkan, selain Seto dan Mahyanto, figur baru seperti Nas’yit Umar, Andi Harun, Yusran Sofyan serta Dedi Ardiansyah juga tentu berniat maju dengan menyiapkan kekuatan penopang kebutuhan melawan incumbent SBY dan AFY.

Dalam analisisnya, Suwadi mengatakan ” Yang menarik adalah, figur-figur yang kuat saat ini secara dukungan electoral itu berasal dari geopolitik Utara dan Selatan, di mana SBY, AFY, Andi Seto, Nas’yit Umar, Andi Harun, Yusran Sopyan di kenal figur dari Sinjai Utara semua, sementara Mahyanto dan Dedi Ardiansyah di kenal figur dari Sinjai Selatan, dan keduanya saat ini cukup menguasai daerah Sinjai Selatan “.

Menurutnya, Pilkada Kabupaten Sinjai itu kuncinya bagi bakal calon adalah menguasai suara di Sinjai Utara dan Sinjai Selatan, sebab kedua Kecamatan ini yang paling besar jumlah pemilihnya dan karakter pemilihnya tergolong cukup cerdas dalam memilih calon pemimpin di Sinjai, kedua geopolitik tersebut busa mempengaruhi kecamatan lain dalam menentukan sikap politiknya di Pilkada Sinjai.

Untuk itu para bakal calon harus bisa menguasai kedua kecamatan tersebut jika ingin memuluskan kemenangannya di Pilkada Sinjai” ujar Suwadi.

Andi Mahyanto Massarappi dan Dedi Ardiansyah yang cukup berpengaruh di Sinjai Selatan, akan sangat membantu figur-figur dari Sinjai Utara jika mereka di gandeng figur-figur dari Sinjai Utara, seperti SBY, Andi Seto Asapa, Andi Harun, Yusran Sofyan, Nas’yit Umar dan Andi Fahar Yanwar (AFY).

Sedangkan figur-figur yang berasal dari luar geopolitik tersebut yaitu Sinjai Utara dan Selatan, butuh kerja estra berebut suara di basis geopolitik Sinjai tersebut ” pungkas Suwadi. (SIA/RED2)