Pilkada Sidrap: Dollah Mando Pintah Masyarakat Lestarikan Budaya Leluhur Bugis

oleh
Dollah Mando - Leluhur Bugis
Calon Bupati Sidrap, H. Dollah Mando saat mendatangi pesta panen dengan alunan Padendang dan Mattojang di kecamatan , Rabu (20/6/2018)

Pilkada Sidrap, suaralidik.com – Sosok kepribadian H. Dollah Mando terhadap budaya leluhur bugis Sidrap tidak lekang oleh waktu. Seakan sudah menyatu sebagai anak petani, Ir H. Dollah Mando langsung terkoneksi dengan dirinya jika ada warga Sidrap sedang menggelar syukuran Mappandendang.

Baca Juga: Pilkada Sidrap: 25 Ribu Massa DOAMU Siap Banjiri Dua Pitue

Tanpa melalui protokoler sebagai Calon Bupati Sidrap, H. Dollah Mando langsung mendatangi masyarakat dikecamatan jika mendengar ada pesta panen dengan alunan Padendang dan Mattojang oleh warga setempat.

Seperti blusukanya di Desa Lise kecamatan Panca Lautang baru-baru ini. Ir Dollah Mando datang menemui warga Lise dan ‘Mappakuru Sumange’ ketika melihat warga larut dalam suka cita saat menggelar hajatan pesta panen tersebut.

“‘Kurru Sumangemu”. Budaya inilah jatidiri kita orang Sidrap sebenarnya. Jadi tolong lestarikan budaya leluhur kita ini. Kita bisa menjadi penghasil pangan terbesar di Sulsel karena kesyukuran masyarakat Sidrap atas melimpahnya hasil panen kita,”lontar mantan Kadis Pertanian Sidrap 3 dekade ini.

Sementara, sejumlah warga setempat merasa terharu melihat sosok seorang bapak dan orangtua yang sederhana datang menyapa warga Lise.

“Kami lihat pak Dollah itu bukan sosok pemimpin yang ambisius. Dia adalah sosok bapak yang sederhana yang berjiwa pemimpin penuh tanggung jawab. Insyallah, beliau pemimpin amanah dan itulah yang kami inginkan,”ungkap Usman diamini warga Lise lainnya. (***SYB)