Pilpres Gabon Berbuah Kerusuhan ,Gedung Parlemen Dibakar Setelah Dua Kubu Saling Klaim Kemenangan

oleh
Kerusuhan Gabon

LIBREVILLE,SUARALIDIK.com – Pemilu Presiden di Gabon menuai kerusuhan massal. Pasalnya kedua calon presiden mengklaim telah memenangi pilpres ini.

Mengutip laman Al Jazeera, Presiden petahana Ali Bongo mengklaim telah memenangkan 49,8% suara, sedangkan calon oposisi Jean Ping , memperoleh 48,2% suara atau hanya dengan selisih 5.594 suara.

Terkait hasil tersebut, Ping mempersoalkan hasil tersebut dan tidak menerima angka yang disebutkan calon petahana.

Akibatnya, massa pendukung calon oposisi Jean Ping melakukan aksi demonstrasi.

Kerusuhan Pasca Pilpres Gabon
Kerusuhan Pasca Pilpres Gabon- Reuters/SUARALIDIK

Salah seorang saksi mata mengatakan api dan asap terlihat membubung dari bangunan parlemen di ibu Kota Gabon, Libreville. Pasukan keamanan menembakkan gas air mata untuk membubarkan para pendukung Ping, yang mencoba masuk menuju markas komisi pemilihan umum (Cenap).

Blanche Simonny, salah satu pendukung Jean Ping dan anggota kelompok masyarakat sipil Ca Suffit Comme Ca mengatakan ribuan orang telah berkumpul di markas oposisi sebelum memulai pawai menuju komisi. Ia juga menyebut asap tebal sudah mengepul yang berasal dari ban yang dibakar di jalan-jalan.

Hingga saat ini, tidak ada pernyataan resmi dari Cenap, setelah Menteri Dalam Negeri Pacome Moubelet-Boubeya mengumumkan hasil pemilihan Presiden Gabon.

Petugas kepolisian telah berusaha menggunakan gas air mata dan meriam air guna membubarkan aksi demonstrasi besar-besaran.

REDAKSI SUARALIDIK ; andi awal


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama