Pilwako Kotamobagu, KPU Kotamobagu Tetapkan Paslon Independen Jadi – Jo Memenuhi Syarat

oleh
KPU Kotamobagu menyelenggarakan Rapat pleno verifikasi faktual

KOTAMOBAGU. Suaralidik.Com – Pasangan independen di Pilwako Kotamobagu, Djainuddin Damopolii – Suharjo Makalalag yang mengusung jargon Jadi-Jo. Setelah melalui pleno verfikasi faktual KPU Kotamobagu pada hari Jumat (9/3) dinyatakan memenuhi syarat.

KPU Kotamobagu menyelenggarakan Rapat pleno verifikasi faktual

Suasana pleno cukup panas. Pasalnya, ketua Panwas Kotamobagu, DR. Muslih Mokoginta, mengajukan protes. Namun Nova dan kawan-kawan bersikukuh melanjutkan pembacaan pleno verifikasi faktual.

Syarat dukungan ke pasangan calon Wali Kota dan Wakil di Pilkada Kota Kotamobagu, Jainuddin Damopilii – Suharjo Makalalag (Jadi-Jo) langsung dibacakan oleh Komisioner KPU Divisi Hukum, Amir Halatan, akhirnya hasil verifikasi ulang syarat dukungan ke Jadi-Jo berdasarkan putusan Panwas pada sidang sengketa Pilkada pekan kemarin dinyatakan sah.

Ketua KPU Kotamobagu, Nova Tamon usai mengesahkan pasangan Jadi-Jo, kepada media mengatakan, syarat dukungan ke pasangan tersebut sudah terpenuhi.

“Hasil yang dibacakan tadi dalam forum rapat terbuka, hasil dari 6 Kelurahan/Desa yang di verfak, ditambah 27 Kelurahan/Desa hingga totalnya 8689, dan itu sudah mencapai syarat dukungan sebagai pasangan calon,” singkat Nova.

Berdasarkan rekapitulasi verifikasi faktual syarat dukungan sebanyak 8689 orang. Syarat minimal dukungan 8681 (kelebihan 8 orang) sehingga KPU memutuskan paslon Jadi Jo memenuhi syarat sebagai pasangan calon Walikota dan wakil walikota kotamobagu.

Diketahui pleno verfak ini berakhir sekira pukul 17.45 WITA dan berjalan aman dan tertib, meski salah seorang komisioner KPU Aditya Tegela tidak menandatangani BA serta adanya penolakan dari Panwas.(nujul)