banner 728x250

Plt Gubernur Sulsel Membuka Secara Resmi Peringatan HGN di Mall Nipah

  • Bagikan
Plt Gubernur Sulsel Saat Menghadiri Sekaligus Membuka Secara Resmi Peringatan Hari Guru Nasional (HGN), Yang Berlangsung di Mall Nipah, Kamis (25/11/2021).

Makassar, SuaraLidik.com – Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dilaksanakan di Mall Nipah, Jalan Perintis Kemerdekaan KM 4 Makassar, Kamis (25/11/2021).

Dalam peringatan HGN tersebut, turut dihadiri oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Ketua DPRD Provinsi Sulsel Andi Ina Kartika, Plt Kadisdik Sulsel H. Imran Jausi, Kadis Tenaga Kerja Sulsel, Kadis Perindustrian Sulsel, Kadis Pariwisata Sulsel, Kadis Kesehatan Sulsel, Sekdis Pendidikan Sulsel, Kepala Cabang Dinas Wilayah I-XII, Ketua MKKS SMA, Ketua MKKS SMK, serta sejumlah Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB se-Sulsel dan para undangan lainnnya.

banner 728x250

Acara peringatan Hari Guru Nasional dibuka secara langsung oleh Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Dalam sambutan Plt Kadisdik Provinsi Sulsel, H. Ir. Imran Jausi, M.Pd mengatakan, alhamdulillah saya mengapresiasi kepada 26.100 guru kita yang ada di Sulawesi Selatan, yang telah mengikuti kegiatan kita baik secara daring maupun luring.

H. Imran Jausi menjelaskan, kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai hari ini tanggal 25-27 November 2021. Dimana ada beberapa kegiatan-kegiatan yang akan kita laksanakan pada peringatan HGN.

“Dimana kegiatan pertama yakni, pameran pendidikan yang memamerkan berbagai produk dan inovasi pendidikan oleh SMA/SMK/SLB, serta dunia usaha, dunia industri mitra satuan pendidikan, dan kita akan melaunching beberapa program-program, diantaranya Smarta, Smart School, E-Dupak, Pohon Andalan (Menanam Pohon) serta Aplikasi Mengaji,” ujar Imran Jausi.

Selain itu, kita juga mengadakan seminar dengan berbagai topik, yang tentunya berkaitan dengan tema kita pada hari ini yaitu “Bergerak Dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

“Pada kegiatan ini pula ada penghargaan bagi beberapa guru kita yang berprestasi baik secara nasional maupun prestasi dalam rangka mensukseskan beberapa kegiatan provinsi, misalnya terkait dengan pencapaian vaksinasi di atas 70 persen. Begitu pula launching untuk satu guru satu buku dalam program guru penggerak,” ungkapnya.

Selain itu Imran Jausi menambahkan, kami juga mengadakan beberapa lomba diantaranya, Video Best Practice Mengajar Dari Rumah, Menulis Essai, Kuis Rangking 1, Lomba Menyanyi, Lomba Stand Up Comedy dan Lomba Baca Puisi.

Sementara itu dalam sambutan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, ST mengatakan, guru merupakan tanpa tanda jasa. Padahal guru begitu banyak jasa-jasanya kepada kita dan anak-anak kita sekarang. Maka dari itu kami pihak pemerintah memperhatikan nasib guru, termasuk kenaikan gaji dari peralihan tahun 2019-2020 sebanyak 50 persen.

Kemudian kami mengusulkan program P3K dan di akomodir, dan Provinsi Sulsel salah satu yang terbanyak di Indonesia yang formasi P3K sekitar 8000 lebih.’ujar Andi Sudirman Sulaiman.

“Selain itu, kita sekarang sudah ada Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang guru dan siswa, yang tujuannya untuk melindungi guru dan melindungi siswa. Perda ini dibuat agar diketahui mana yang melanggar dan mana yang tidak melanggar,” ungkapnya.

Plt Gubernur Sulsel menambahkan, tahun depan kita sudah mengusulkan di DPRD Provinsi untuk persetujuan untuk menganggarkan satu guru, satu standar, satu sulsel. Ini merupakan pembelajaran Smart School digital untuk semua sekolah.

“Jadi kami akan membuatkan fasilitasi untuk sistem digital, ada server di daerah, ada server master di Jakarta, dan ada server di Sulsel. Harapannya dari master server ini bekerja untuk mengajar melalui 2 arah, bisa live streaming dan bisa offline,” katanya.

Tidak hanya itu, kami juga mempunyai program mengaji 2 halaman per hari. Jadi saya ingin semua guru mengaji setiap hari. Saya akan mengecek ke lapangan secara random (acak). Program ini kami lakukan untuk mencari moral kepemimpinan untuk generasi ke depan dan membentuk karakter kepemimpinan akhlak yang kuat.’ imbuhnya.

“Saya berharap agar semua siswa yang ada di Sulsel adalah generasi yang mempunyai kepribadian yang baik, berkarakter dan mempunyai akhlak yang baik,” tutup Andi Sudirman Sulaiman.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *