PN Bulukumba Lakukan Sidang Pra Peradilan Tersangka Kasus TIK

oleh
Sidang Pra Peradilan Kasus TIK Bulukumba, Selasa (6/9/2016)

Sidang Tersingkat Hanya selama 25 Menit

BULUKUMBA,SUARALIDIK.com – Pengadilan Negeri ( PN ) Bulukumba mulai menyidangkan kasus gugatan pra peradilan tersangka TIK Bulukumba, Muhammad Ajis yang melawan Polres Bulukumba untuk menguji penetapan Muhammad Ajis sebagai tersangka sesuai dengan prosedur hukum atau tidak, Selasa ( 6/9/2016).

Agenda persidangan gugatan Pra Peradilan yang bernomor sidang 2/Pid.Pra/2016/PN Bulukumba tersebut menghadirkan kuasa hukum pemohon ( Muh.Ajis) yaitu David Krisbiantoro sedangkan dari pihak termohon ( Polres Bulukumba) diwakili oleh Ipda Muh.Ali ( Kanit Tipikor) serta Bripka Muh.Ali dan Bripka Syamsul ( Penyidik  ).

Sidang perdana yang diketuai oleh Majelis Hakim, Yusti Cinianus Radja tersebut dimulai sekitar pukul 10.15 WITA dengan agenda sidang pembacaan pemohon ( Muhammad Ajis ).

PN Bulukumba menyidangkan Gugatan Pra Peradilan Tersangka Kasus TIK, Selasa (6/9)  yang berlangsung hanya 25 Menit- SUARALIDIK
PN Bulukumba menyidangkan Gugatan Pra Peradilan Tersangka Kasus TIK, Selasa (6/9) yang berlangsung hanya 25 Menit- SUARALIDIK

Kuasa Hukum Ajis, David Krisbiantoro menyatakan penetapan tersangka terhadap diri pemohon bedasarkan Surat Perintah Penyelidikan No.SP.Lidik/307/VI/2013 atas nama Muh.Ajis Arief tidak sah dan meminta hakim untuk membatalkan penetapan kliennya sebagai tersangka karena tidak sesuai dengan ketentuan KUHPidana.

Kami sebagai Kuasa Hukum Pemohon memerintahkan kepada Termohon ( Polres Bulukumba ) untuk mencabut status pemohon sebagai tersangka dan agar Termohon memulihkan harkat martabat pemohon sesuai dengan ketentuan perundang-undangan” tegas David Krisbiantoro.

David juga memerintahkan agar termohon dalam hal ini Polres Bulukumba untuk mengembalikan barang-barang, dokumen dan surat surat berharga yang telah disita dari pemohon dan menghukum termohon untuk membayar biaya perkara.

Setelah kuasa hukum pemohon menyampaikan pembacaan tuntutan, Majelis Hakim tunggal, Yustinus Radja mempersilahkan pihak termohon untuk menyampaikan tanggapan.

Namun, pihak termohon yakni Polres Bulukumba belum siap untuk memberikan tanggapan.

Atas permintaan Termohon yang belum siap dengan tanggapan terhadap tuntutan pemohon, Majelis Hakim menunda Sidang tersebut pada tanggal 7 September 2016 dengan agenda tanggapan dari Termohon serta memberikan waktu sidang Pra Peradilan selama 7 ( tujuh ) hari.

Sidang tersebut ditutup pada pukul 10.40 Wita dan merupakan sidang Pra Peradilan tersingkat di PN Bulukumba, yakni hanya berlangsung sekitar 25 menit.

Sebagaimana diketahui, Muhammad Ajis Arief ditetapkan sebagai Tersangka oleh Penyisdik Polres Bulukumba atas Kasus Pengadaan Komputer/ Tekhnologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) pada Tahun 2012 silam yang menimbulkan kerugian Negara sebesar Rp 2,14 Miliar.

Reporter : muhardi/andi awal

Editor : Redaksi SuaraLidik-andi awal


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama