Pohon Trembesi Boltim Semakin Mengancam Jiwa Pengguna Jalan

oleh
Pohon Trembesi yang tumbang di jalan Trans Tutuyan Boltim
Photo Pohon Trembesi yang tumbang di jalan Trans Tutuyan Boltim

Boltim – suaralidik.com, Pohon Trembesi di sepanjang Jalan Trans Ibukota Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) kian mengancam keselamatan warga dan pengguna jalan.

Pasalnya, tidak sedikit warga sekitar yang hampir menjadi korban tertimpah cabang-cabang pohon. Begitupun para pengendara roda dua maupun roda empat yang merasa takut apabila melintasi area tersebut saat sedang hujan disertai angin.

Warga Desa Tutuyan Dua, Jerry Isini kepada wartawan berujar, beberapa hari lalu ada cabang pohon yang patah dan nyaris menimpah pengendara bermotor.

“Kejadian itu bertepatan didepan rumah saya, Alhamdulillah tidak sampai mengenai pelintas jalan,” ujar Isini.

Pun demikian, Jerry meminta kepada Dinas terkait agar segera mengantisipasi akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sebaiknya sebelum ada korban, Pemda harus melakukan perawatan dan pemeliharaan badan jalan,” pintanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Sjukry Tawil saat dikonfirmasi mengatakan, Balai Jalan Nasional (BJN) yang mempunyai kewenangan untuk perawatan ruas jalan yang ada diboltim.

“Untuk menangani Pohon Trembesi di Ibukota Tutuyan, yang mempunyai kewenangan penuh adalah Balai Jalan Nasional,” aku Tawil.

Menurutnya, perawatan ruas jalan kabupaten dan provinsi, itu kewenangannya ada di masing-masing, balai jalan nasional, yang mempunyai kewenangan dalam trembesi didesa Tutuyan.

Sjukri berharap, ruas jalan itu perlu di tata dengan tanaman yang aman untuk pengguna jalan, sekaligus menciptakan suasana sejuk, indah dan rapi.

Namun lanjut dia, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dimana ada beberapa tanaman atau pohon yang justru sudah sangat menggangu pengguna jalan dan pemukiman warga. Yang harus di antisipasi adalah menghindari kecelakaan lalulintas.

“Seharusnya, ada pemeliharaan ruas jalan, minimal 3 bulan sekali,” tukasnya.(***bob)